10 Band Makassar Yang Harus Didengar

Jan 30, 2022

Meskipun tidak se-hingar bingar Ibukota, namun Makassar menyimpan potensi-potensi musisi yang layak untuk diberikan lampu sorot. Brandon Hilton dalam tulisan Bising Kota menjelaskan bahwa kota ini punya ekosistem musik yang luar biasa.

Salah satu hal yang menarik adalah Rock in Celebes, festival rock terbesar di kawasan timur Indonesia yang digelar sejak satu dasawarsa lalu ini telah menampilkan banyak aksi band-band kota ini selain dari menghadirkan nama-nama nasional lainnya.

Bicara soal band, beberapa band telah disebutkan Hilton dalam artikelnya. Nama-nama ini. Nama-nama seperti TOD, Kapal Udara, Loka’, Frontxside, Is (Pusakata), dan Opa Fadli (Padi Reborn) kurang lebih mewakilkan terhadap apa yang ada dalam satu dekade perjalanan musik di kota ini, bahkan sudah bisa dibilang menjadi ‘representasi’ atau mungkin menjadi sebagian ‘identitas’ dari kota ini.

Di luar itu, sebetulnya ada banyak nama yang layak kami angkat sebagai bagian dari regenerasi skena kota ini. Memang belum terlalu mencuat, namun potensi ke arah situ ada, tinggal bagaimana radar musik nasional bisa benar-benar diarahkan di kota ini nantinya.

Berikut ini 10 musisi potensial dari Makassar yang layak mendapat lampu sorot


Beijing Connection

Beijing Connection

Datang dengan sound-sound yang unik dan sangat menggambarkan identitas mereka sebagai band emo yang layak diberikan perhatian.

Cek lagunya di sini

 

Inis

Inis

Inis adalah satu dari musisi hari ini yang beruntung bisa mencuat setelah mengikuti program Irama Kotak Suara Pophariini. Berbekal karakter suara khasnya, kini ia dipinang oleh Suneater untuk singlenya bertajuk “Busker”

Cek lagunya di sini

 

OG Avamato

OG Avamato. / Dok: OG Avamato.

Makassar mungkin belum banyak mencetak nama-nama besar hip hop, untuk itulah kita harus melihat sosok OG. Mengawali bekal sebagai beatboxer, OG tumbuh menjadi rapper dengan ekspresi yang menarik.

Dengarkan lagunya di sini

 

Natinson

NATINSON

Duo akustik kakak beradik Ahmad Nazar Najib dan Muhammad Nashrul Najib sudah terbentuk sejak 2017 silam. Berbekal musik akustik yang diusungnya, alumni Irama Kotak Suara ini ternyata punya pendengarnya banyak di streaming. Gak percaya? Coba dengar lagu “Pendengar Yang Baik” yang didengarkan sebanyak 91 ribu di Spotify, lagu lainnya, “Ku Ingin Gondrong” yangn didengarkan lebih dari 50 ribu. Sebuah angka yang fantastis untuk band yang sepengetahuan kami belum pernah menembus ibukota.

Dengarkan lagu mereka di sini

 

Senograft


senograft

Hadirnya Senograft membuktikan bahwa indierock bisa tumbuh segar di Makassar, seperti layaknya aksi-aksi serupa di kota-kota besar. Dengan nuansa alternative dan shoegaze-nya, band yang eksis sejak 2019 ini layak menjadi perhatian.

Dengar lagu mereka di sini

 

Ambiverbs

Ambiverbs

Lima sekawan ini mengusung musik yang lo-fi tapi somehow punya nuansa R&B chill yang enak dan catchy buat didengarkan. Tahun kemarin, mereka menelurkan EP bertajuk Beautiful Moment yang membuat 5 lagu yang menarik dan wajib disimak.

Dengarkan mereka di sini

 

Visiun

Visiun

Pandemi justru memberikan kesempatan buat musisi-musisi di manapun untuk bergabung dan membentuk band, salah satunya adalah Visiun, kuartet dream pop yang baru terbentuk September 2021. Masih hangat dan segar, mereka mencoba menancapkan eksistensi musik mereka dengan single debut bertajuk “osaka train”, sebuah arsitektur indiepop lugas dengan karakter pengaruh akar musikal yang kuat.

Dengarkan mereka di sini

 

Inggrid Beatrix

 

Merajut musik dengan banyak dosis dari elektronik, jazz, R&B dan balada, Inggrid adalah wajah baru yang layak buat dikasih lampu sorot. Karakter vokalnya yang unik mampu membuatnya bersinar di antara solois perempuan di Makassar bahkan di nasional.

dengarkan lagunya di sini

 

Soleluna

soleluna

Pemberitaan soal duo asal Makassar ini sudah mencapai media-media nasional. Terbentuk sejak 2015 silam, anak-anak lama ini keluar dengan membawa aura musik ambient, dream pop, post rock. Eksplorasi musikal band yang direkomendasikan oleh sutradara Riri Riza ini berakar dari Brian Eno, Explosion in The Sky hingga Mogwai ini memang layak mendapat perhatian sampai-sampai label bergengsi sekelas Elevation Records merilis katalog mereka dalam beragam format.

Dengarkan mereka di sini

 

April Parade

Sama seperti Soleluna, band ini adalah trio anak-anak lama yang telah bergabung sejak 2016. Debut album mereka, Conscience yang dirilis 2020 lalu punya materi yang kuat, namun tidak sekuat single terbaru mereka di tahun ini, “Radar” yang punya konstelasi rock 80-an yang kental.

Dengarkan mereka di sini

Penulis
editorial
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Eksplor konten lain Pophariini

Jadi Vokalis DeadSquad, Vicky Mono: Jalani Saja Dulu

DeadSquad mengaku Vicky sosok vokalis yang mereka cari. Selain berkualitas, ia dianggap memiliki kemampuan untuk menguasai panggung sebagai stage performer.

Dzee Rilis Video Musik “Epik”, Simak Langsung di PHI Eksklusif

Di PHI Eksklusif kali ini, saksikan lebih dulu video musik “Epik”, salah satu single dari album debut Dzee sebelum tayang di berbagai platform.