10 Suara Alternatif Irama Kotak Suara

485
IKS-Alternative

Irama Kotak Suara memang benar-benar membuka seluas-luasnya bagi siapapun musisi untuk berekspresi sesuai dengan apapun arah musik yang mereka amini. Pop Hari Ini merasa terhormat bisa menjadi bagian dari perjalanan mereka.

Tanpa bermaksud mengotak-kotakan, kami mengelompokkan semua karya yang masuk ke IKS dalam 12 genre. Ini semua kami lakukan hanya untuk memudahkan kami untuk mengurasi dan mengapresiasi setiap karya musik yang ada.

Dari 12 genre ini, alternative menempati tiga dari entry yang paling banyak di IKS ini, selain dari pop dan R&B.

Terimakasih untuk puluhan lebih karya alternative dari berbagai kota di berbagai pelosok tanah air. Kalau tidak ada IKS, kami tidak akan mungkin bisa menemukan kalian semua.

Dan berikut ini 10 suara-suara alternative yang berhasil kami rangkum. Enjoy!


 

1. Rockapudink (Banjarbaru)

Rockapudink
Dari Banjarbaru, Kalimantan Selatan membawa energi punk dan rock yang aktraktif, penuh semangat namun tetap mudah dicerna seperti puding.

Intip halaman IKS dan dengerin musik mereka di sini

 

2. Manusia Aksara (Jakarta)

Manusia Aksara

Yang satu ini bisa mengobat kekangenan kamu dengan kocokan-kocokan overdrive ala britpop/alternative era 90-an, kami suka liriknya yang mempertanyakan kondisi hari ini

Gebet musik mereka di sini 

 

3. Jou Barakati (Semarang)

Jou Barakati

Sangat terkesan menemukan musik psikedelia datang dari Semarang, cara mereka meramu groove-groove dan notasi-notasi melodius, top notch!

Dengerin Jou di sini 

 

4. Manner House (Bandung)

Manner House

Manner House adalah soundtrack untuk malam mingguan tanpa siapapun menyusuri jalan-jalan protokol ibukota yang sepi akhir-akhir ini.

Rasakan musik mereka di sini

 

5. Happiest Lokal (Depok)

Happiest Lokal

Sound-sound garagey mono minimalis kembali dihidupkan oleh remaja-remaja asal Depok yang haus akan bir dan musik rock n roll. Sikat!

Gebet mereka di sini 

 

6. Lajur (Padang)

Lajur

Cara mereka meramu sound sampai pemilihan vokal yang mengawang-awang, kami kira ini band Jakarta yang mungkin roster baru dari Kolibri, ternyata sound keren kaya gini berasal dari Padang.

Curi dengar musik mereka di sini 

 

7. Truedy Duality (Bali)

Truedy Duality

Kami terkesan dengan penulisan lagu dan musik dari duo asal Bali ini. Fiona Apple dan ingatan-ingatan polos akan 90’s alternative tiba-tiba dipatahkan dengan sebuah eksperimen chorus yang menyimpang 90 derajat, sangat progresif.

Gebet musik mereka di sini 

 

8. Higgs (Banjarmasin)

Higgs
Higgs adalah kuartet yang begitu meresapi U2, lick-lick gitar ala The Edge membuat kami harus mendengarkan ini di puncak gedung di Jakarta hanya untuk merasakan vibe-nya.

Penasaran? Dengerin mereka di sini 

 

9. The Vacancies (Malang)

The Vacancies

Udara Malang yang dingin boleh jadi terpancar dalam musik lima sekawan remaja penghamba indiepop ini. Produksi soundnya keren!

Nikmati musik mereka di sini 

 

10. Penosser (Samarinda)

penosser

Raungan distorsi gitar di atas pola kunci yang pop, kami melihat lengkingan ala Cholil ERK di tarikan dan penulisan lirik, namun dengan balutan musik yang dinamis.

Resapi raungan mereka di sini 

_______

Irama Kotak Suara (IKS) tetap dan akan membuka kesempatan buat kalian musisi di seluruh pelosok tanah air untuk mengirimkan karya kalian untuk diapresiasi. Kirimkan karya kalian, karena semua layak untuk diapresiasi. Klik kotak dibawah ini untuk memulainya. Sampai bertemu di IKS!

IKS

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments