Hursa! Berlari Cepat Bagaikan Kuda

Feb 10, 2019

“Hursa” adalah ucapan penyemangat bagi penunggang kuda untuk memacu kudanya agar berlari lebih cepat. Istilah itu ianggap mewakil langkah awal bagi empat kaki untuk mulai berlari dan terinspirasi juga dari sebuah buku puisi, “Hursa”, akhirnya dijadikan sebagai nama untuk menyatukan empat musisi ini.

Berangkat dari filosofi nama itu, mereka bermimpi untuk bisa terus berlari ke arah yang lebih baik, yang dicita-citakan, di luasnya blantika musik Indonesia. Hursa sendiri adalah Gala (vokal dan kibor), Pandji (gitar), Goldy (drum), dan Irvan (synth/bas synth). Dengan formasi unik dan cukup jarang ini Hursa juga menyajikan lagu-lagu dengan ‘timesignature’ yang unik.

Dan di awal kemunculan ini, Hursa memilih merilis singel berjudul “Ruai” sebagai singel perdana. Telah dirilis di seluruh layanan streaming musik digital pada tanggal 1 Februari, menyusul video musiknya dirilis pada 9 Februari 2019 kemarin. “Ruai merupakan lagu yang kami pilih untuk menjadi single perkenalan, karena komposisi musik dan lirik di lagu ini menggambarkan benang merah dari lagu-lagu lainnya yang akan ada di dalam album.” Gala menjelaskan dalam siaran persnya.

Artwork single “Ruai”

Secara arti, kata ruai bermakna kurang kukuh atau kurang kuat. Menceritakan keresahan seseorang ketika berada di satu titik untuk memilih dan membuat keputusan, apakah harus tetap mengejar mimpinya atau berhenti. “Jadi kalau diartikan secara keseluruhan, kata ruai itu kita fungsikan sebagai pengganti dari kata bimbang, ragu dan goyah,” ucap Pandji sebagai si pembuat lirik di lagu ini.

Pemilihan kosakata untuk lirik di lagu ini juga bisa dibilang tidak terlalu umum, dan hal ini menjadi salah satu ciri khas yang akan Hursa berikan. Untuk komposisi musiknya, Hursa mencoba menawarkan rasa yang berbeda, seperti ritme yang berubah-ubah, nada dasar yang berganti dari bagan verse ke bagan chorusnya dan contoh lainnya seperti balutan vocal yang diberi efek. Untuk mood lagunya, memang dibuat agresif dengan tujuan untuk mendukung bagian chorus yang liriknya seperti menyemangati.

 

____

Penulis
Fari Etona
Pendenger musik pop dan rock, serta pecinta binatang dan pemakan buah-buahan.

Eksplor konten lain Pophariini

Rekomendasi 9 Musisi Padang yang Wajib Didengar

Di tengah gempuran algoritma sosial media, skena musik independen Padang sepertinya tidak pernah kehabisan bibit baru yang berkembang

5 Musisi yang Wajib Ditonton di Hammersonic Festival 2024

Festival tahunan yang selalu dinanti para pecinta musik keras sudah di depan mata. Jika 2023 lalu berhasil menghadirkan nama-nama internasional seperti Slipknot, Watain, dan Black Flag, Hammersonic Festival kali ini masih punya amunisi untuk …