5 Aktivitas Musisi yang Dilakukan Kala Bekerja Dari Rumah

333

Presented by Amild.id 

Tak terasa kita telah memasuki kuartal ketiga tahun 2020. Meskipun tahun ini dinamikanya naik turun begitu seru, namun tanpa disadari kita baik-baik saja dan mampu melalui ¾ tahun 2020 ini.

Lewat artikel ini, Pop Hari Ini mencoba merangkum berbagai kegiatan yang dilakukan para musisi kala mereka bekerja dari rumah. Meski beberapa bulan ini lebih banyak beraktivitas di rumah, bukan berarti para musisi kehilangan ide untuk terus berkreasi. Buktinya adalah berbagai ragam kegiatan musisi ini di kala bekerja dari rumah:

 

1. Webinar Musik

Webinar atau seminar via web ini menjamur beberapa bulan ke belakang, seiring sebagian besar dari kita bekerja dari rumah. Seminar yang diadakan via software Aplikasi komunikasi berbasis video ini kemudian menjadi jawaban atas hal tersebut. Beberapa musisi mulai marak mengadakan webinar dengan beragam topik yang bertujuan untuk tetap kreatif.

 

2. Karaoke Daring

Sebelumnya aktivitas senang-senang melonggarkan urat syaraf ini kerap dilakukan banyak orang. Namun belakangan ini karena kita semua beraktifitas dari rumah.Tak sedikit yang kemudian membuat aktivitas karaoke ini dan memindahkannya ke dalam jaringan (online). Beberapa musisi sudah membuat sesi karaokenya. Tidak sedikit diantara mereka yang saling berkolaborasi dengan penyanyi-penyanyi lainnya menyanyikan lagu-lagu hit yang yang bisa menghibur fans mereka masing-masing di rumah.

 

3. Podcast Musisi

Podcast hari ini kian marak. Hampir semua orang dari berbagai latar belakang membuat podcastnya masing-masing. Tak terkecuali musisi. Mereka membuat sesi podcastnya dengan mengusung beragam tema menarik dari yang serius sampai yang menghibur dengan dibalut gaya bertutur mereka yang khas. Musisi berperan sebagai host, mereka juga kerap mengundang narasumber yang juga musisi untuk membicarakan banyak topik.

 

4. Bincang-Bincang Online

Banyak musisi yang juga mulai menggelar sesi bincang-bincangnya sendiri. Berbeda dengan podcast, sesi bincang-bincang ini lebih membicarakan soal teknis musik. Dari menulis lagu, membuat musik dan lain sebagainya. Dengan mengundang berbagai narasumber, sesi bincang-bicang ini juga kerap membahas perkembangan kancah musik di tiap kota di Indonesia.

 

5. Workshop Produksi Musik

Selain webinar, podcast, karaoke virtual dan bincang-bincang musik, banyak musisi yang tergerak membuat workshop musik virtual. Lewat workshop tersebut, musisi banyak membagikan teknis musik, dari teknis rekaman dan produksi musik, bagaimana mengemas lagu dari rekaman sampai mixing mastering, tak terkecuali teknis memasarkan lagu itu sendiri. Peserta musik, yang sebagian besar adalah fans yang juga musisi bisa merasa tercerahkan dengan mengikuti workshop-workshop yang dibuat para musisi ini.

Beraktivitas di ruangan terbatas memang memiliki tantangan sendiri. Tapi, para musisi ini telah membuktikan bahwa pemikiran tersebut terbantahkan. Ruang boleh terbatas, tapi karir harus terus ke atas.

Untuk pilihan hiburan virtual lainnya, klik di sini.