5 Band Indonesia Favorit Rizky Febian

Mar 30, 2024

Usai merilis single terbaru “Kata”, kami bertemu Rizky Febian hari Senin (19/02) lalu di Mad Haus untuk menanyakan apa 5 band Indonesia favoritnya. Sebelum menuju topik utama, Iky sempat membagikan cerita tentang karier bermusiknya kepada Pophariini.

 

Menurut Rizky apa yang sudah ia dapatkan selama ini merupakan hasil dari proses panjang. Ia menegaskan, proses tersebut tak hanya mengantarnya ke titik kesuksesan namun membuatnya tetap menjadi sosok manusia apa adanya.

“Gue gak mau proses yang udah dilewati bisa hilang seketika karena attitude atau kesalahan minor yang memengaruhi banyak hal. Gue gak mau banget,” kata Rizky. 

Membicarakan topik 5 band Indonesia favorit Iky, kami juga menanyakan apakah selama bermusik ia pernah ngeband. Iky membenarkan pertanyaan tersebut dengan cerita pernah gabung di band ‘kocak-kocakan’ saat masa transisi SD menuju SMP.

“Gue bikin band sama pegawai Bokap gue. Ikutan festival. Lagu-lagu Sunda tapi kami aransemen ulang jadi metal, rock, tapi ada unsur Sundanya. Seru lah dulu. Tapi dulu gue gak nyanyi, justru main gitar. Kalau nyanyi di belakang sound, gak berani. Itu beneran gue merasakan itu,” kenangnya.

Berangkat dari latar belakang kebudayaan Sunda yang kuat, beberapa band pilihan Iky dalam daftar pun merupakan band yang berasal dari wilayah Jawa Barat. Apa saja pilihannya? Simak langsung di bawah ini.


 

Peterpan

 

Selain sesama orang Sunda, mereka juga bisa dibilang salah satu band yang jenius karena di setiap lagu-lagunya itu mempunyai makna yang dalam. Ada beberapa lagu yang tidak harus dengan kata-kata baku tapi tersampaikan.

 

Goliath

 

Di era itu Goliath adalah satu-satunya band Indonesia yang menurut gue selalu memasukkan mood happy di lagu-lagu mereka.

 

Jamrud

 

Kalian bisa jelaskan ke saya, bagaimana caranya di era CD, kaset, dan lainnya, lagu di satu album Jamrud bisa naik begitu aja tanpa ada promosi. Salah satunya lagu “Selamat Ulang Tahun”, tot tet tet tot tetet. Itu jenius sekali. Selain orang Sunda juga, gitarisnya tetangga saya di Cimahi. Jamrud menurut saya menyenangkan. Waktu saya SD, lagu yang saya dengerin di tape deck zaman kaset itu ya satu album Jamrud.

 

ST12

 

Bisa dibilang band yang jenius juga loh karena mereka bisa mempertahankan karakter, genre musik, dan bisa diterima banyak kalangan. Sampai saat ini pun ketika main di festival, lagu ST12 bisa dinyanyiin kapan aja.

 

Letto

 

Selain mereka mengandalkan notasi lagu yang bagus, tapi juga memasukkan unsur lirik-lirik yang puitis terus mengandung makna yang besar. Saya juga suka satu albumnya dulu. Dari segi musikalitas juga cukup luar biasa, bahkan saya sempat ketemu dan bilang sendiri kalau saya ngefans sama mereka, dan minta foto sama mereka karena saking sukanya sama lagu-lagu mereka.

 

Penulis
Gerald Manuel
Hobi musik, hobi nulis, tapi tetap melankolis.
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Eksplor konten lain Pophariini

Eksplorasi Genre Tiderays di Single Heal or Mend

Tiderays asal Semarang resmi merilis single anyar mereka dalam tajuk “Heal or Mend” hari Jumat (29/03) dengan menggaet Vajra Aoki dari Femm Chem sebagai kolaborator. Sebelumnya band sudah pernah merilis album bertajuk 401 tahun …

Roomie Boys Alert Luncurkan Album Mini Perdana Porak Poranda

Setelah mengeluarkan album penuh Internet Kills Logic 2023 lalu, Roomie Boys Alert asal Lampung kembali dengan karya musik terbaru berupa album mini perdana bertajuk Porak Poranda hari Senin (01/04). Berbicara soal penamaan Roomie Boys …