5 Kolaborasi Seru Musisi Indonesia Yang Pernah Ada

• Nov 28, 2017

Akhir-akhir ini banyak terjadi proyek kolaborasi antara musisi Indonesia. Hal ini bagus buat wajah musik tanah air kita. Kolaborasi memang diperlukan agar terjadi sesuatu yang dinamis, baik bagi pecinta musik maupun bagi musisinya sendiri.

Kolaborasi bisa terbagi dalam dua macam, pertama kolaborasi yang hanya untuk ditampilkan di panggung saja dan yang kedua, kolaborasi yang muaranya membuat karya baru. Tentu yang kedua lebih menarik, meskipun yang pertama juga layak untuk disimak.

Kolaborasi lintas musisi ternyata tak hanya terjadi sekali dua kali saja di tahun ini. Sepertinya dalam tiap era, kolaborasi ini selalu ada. Berikut ini PHI pilihkan 5 kolaborasi seru yang pernah ada di musik Indonesia sampai hari ini.

 

Tiga Pagi x Danilla

Biduan jakarta dan grup asal Bandung bersatu padu membuat karya bertajuk “Tidur Bersama”. Bayangkan musik akustik ala alam Bandung permai dipadukan suara lirih Danilla sang indie darlings ibukota. Lika-liku perjalanan lagu yang sangat dinamis, menarik untuk disimak.

 

Raisa x Isyana

Kolaborasi total yang digarap serius pasti akan berbuah keberhasilan. Ini terbukti dari duo diva Indonesia, Raisa Andriana dan Isyana Sarasvati untuk lagu Anganku Anganmu. Saking fenomenalnya lagu ini sehingga AMI Awards 2017 menggajarnya dengan dua penghargaan, masing-masing Duo/Group Vokal/ Kolaborasi Soul/ R&B/Urban Terbaik serta Karya Produksi Kolaborasi Terbaik. Memang layak!

 

Efek Rumah Kaca x Barasuara

Mungkin dalam sejarah panggung pertunjukan, ini lah kemasan panggung kolaborasi paling keren. Dua grup rock, Efek Rumah Kaca dan Barasuara sepanggung bersama di sebuah event bernama Artwarding Night memainkan lagu-lagu mereka berdua dengan sangat menarik. Unsur kolaboratifnya kental sekali. Efek Rumah Kaca memainkan Barasuara dan sebaliknya.

 

Ahmad Dhani x Andra Ramadhan x Pay x Bongky x Bimo

https://www.youtube.com/watch?v=yWd44pNtzkc

Jika ada kolaborasi yang dibuat grup kemudian dialbumkan, maka gabungan antara kelima musisi yang tergabung dalam Ahmad Band ini adalah satu-satunya kolaborasi yang patut dicatat dalam sejarah emas perjalanan musik Indonesia. Bagaimana mungkin eks Slank, Netral, dan personil Dewa19 bisa membuat lagu-lagu rock murni bernuansa politis? Sayang hanya satu album saja berhasil ditorehkan.

 

Maliq & D`Essentials x The Groove

 

Lupakan kolaborasi dengan embel-embel menyatukan dua perbedaan. Inti dari kolaborasi adalah bagaimana membuat karya yang baik dari dua grup. Seperti kolaborasi yang satu ini. Dua band satu angkatan, memainkan musik masih satu irisan, tampil bersama dan membuat single bersama, “Coba Katakan Dengan Cinta” yang ramai dan bernas. D’Essentials of Groove, begitulah kolaborasi ini diberi bendera. Musiknya? Sudah pasti sangat urban, ramai dan bakal menjadi tontonan berkelas yang super meriah di atas panggung.

https://www.instagram.com/p/BaGyoWYlNFn/?taken-by=berlian.ent

Silahkan datang dan buktikan sendiri di konser mereka di hari Rabu, 29 November bertempat di The Pallas, SCBD. Sebuah konser yang berkelas dengan tema yang akan menjadi tontonan kolaboratif yang tidak terlupakan.

Untuk tiket, langsung kunjungi situs inii wednesdayisalovelyday.com

 

____

Penulis
David Silvianus
Mahasiswa tehnik nuklir; fans berat Big Star, Sayur Oyong dan Liem Swie King. Bercita-cita menulis buku tentang budi daya suplir

Eksplor konten lain Pophariini

SIVIA Merilis Lagu Hening dalam “Serene”

Memasuki pertengahan bulan keenam, SIVIA kembali hadir dengan single terbarunya, “Serene”. Ini merupakan single kedua menuju peluncuran mini album yang akan datang, setelah dibuka nomor pertama “Are You My Valentine?” pada Februari 2021 lalu. …

Perjalanan Panjang Basboi dalam Album Debutnya

Setelah melalui rangkaian single-single yang dilepas secara eceran di beberapa waktu ke belakang, akhirnya Basboi resmi menutup rangkaian tersebut dengan album debutnya, Adulting For Dummies. Resmi dilepas pada hari Jumat (18/06) ini, Basboi menyuguhkan …