5 Lagu Pop Indonesia Pilihan Yura Yunita

Yura Yunita adalah salah satu dari solois pop wanita dengan karakter vokal yang sangat khas. Cengkok R&B dan blues pada vokalnya membuat Yura mudah dibedakan dari solois pop wanita lainnya. Sejak 2014 ia telah menelurkan album berjudul sama dengan namanya, Yura. Setelah itu berturut-turut mengeluarkan single “Balada Sirkus”, “Cinta dan Rahasia” feat Glenn Fredly dan “Berawal dari Tatap” serta “Intuisi” di 2016. Kabar terkini Yura adalah ia baru saja merilis single yang berjudul “Buktikan”. Kepada Pop Hari Ini Yura berbagi cerita tentang lagu pop Indonesia kesukaannya yang langsung dipilih olehnya. 

 

Payung Teduh – Akad

Cukup unik kesan pertama saya terhadap lagu ini. Awalnya saya rasa lagu “Akad” ini bukan Payung Teduh banget. Karena ada beat dan sound drum yang dirasa beda banget dengan lagu-lagu mereka sebelumnya. Namun, saat sudah liat video klipnya, wow seketika banjir airmata saat menyimak video ini sampai selesai. Payung Teduh selalu berhasil membawa kesederhanaanya dengan kemasan yang sangat “mahal” dan “bernilai”. Musik videonya benar-benar sederhana, apa adanya, lirik dan ceritanya begitu lekat dengan kehidupan kita sehari-hari, namun bisa menemukan twist ide kreatif dari lagu ini dengan super brilian dan touchy banget! Ekspresi bapak pada video ini pun berharga banget! Bikin saya makin cinta dengan lagu ini dan karya-karya Payung Teduh lainnya.

 

Yura Yunita – Intuisi

Kata ‘intuisi’ memang bukan kata yang popular digunakan di kehidupan sehari-hari. Namun saya di lagu ini ingin membuat pernyataan bahwa taste musik pop saat ini sudah semakin berkembang. Dengan perbendaharaan kata dalam bahasa Indonesia yang jarang dipakai namun luar biasa indah dan punya makna yang dalam. Lagu ini semoga bisa jadi statement dan magnet yang kuat dalam lirik musik pop Indonesia masa kini.

 

Tulus – Monokrom

Tulus selalu berhasil membuat lagu dan lirik yang sangat bermakna. Menurut saya, lagu “Monokrom” ini sesungguhnya lagu yang sangat personal bagi Tulus. Tapi lagunya berhasil menyentuh banyak hati yang mendengar, yang membuat semua orang turut merasakan apa pesan yang ada di dalam lagu ini. Dan pertama kali saya mendengar lagu ini, saya langsung tahu kalau lagu ini bisa jadi lagu yang super everlasting sampai berpuluh-puluh atau ratusan tahun ke depan. Lagu ini akan bisa menjadi lagu kenangan penuh makna yang dapat melekat erat di setiap hati pencinta karya-karya Tulus bahkan hingga nanti Tulus tiada lagi di dunia ini.

 

Banda Neira – Sampai jadi Debu

Lagu cinta yang bukan sekedar lagu cinta. Di lagu ini Banda Neira berhasil menuangkan rasa dan makna cinta yang teramat dalam.

 

Chrisye – Andai Aku Bisa

Lagu andalan yang selalu saya dengarkan setiap sebelum masuk ruang rekaman untuk rekaman vokal. Chrisye dengan kesederhanaanya dan cara bernyanyi yang apa adanya, selalu berhasil ‘menularkan’ makna dan feel yang dalam yang ada di lagu ini.

 

__

 

____

LEAVE A REPLY