5 Lagu Pop Lokal Pilihan Reza “The Groove”

Oct 12, 2017

Pria bernama lengkap Reza Hernanza Desiawan ini adalah vokalis band acid jazz kugiran asal Bandung yang bernama The Groove yang terbentuk sejak 1997. Setelah merilis album perdananya di tahun 1999, The Groove telah merilis 4 album dan 1 album kompilasi: Kuingin (1999), Mata, Telinga dan Hati (2001), Hati Hati (2004),The Best of The Groove (2005) dan Forever You’ll Be Mine (2016). Reza sendiri sempat mengeluarkan single solo yang berjudul “P.S. I Love You” pada 2012, di saat sedang vakum dengan The Groove pasca album The Best of pada tahun 2005. Kini The Groove kembali aktif dengan meluncurkan album Forever You’ll Be Mine tahun lalu. Plus menjalankan proyek terakhirnya berkolaborasi dengan Maliq & D’Essentials dengan nama D’Essentials of Groove dan telah menggelar konser di beberapa kota, termasuk yang terakhir tampil di Synchronize Fest awal Oktober ini. Simak lagu-lagu pop Indonesia pilihan pria yang sangat stylish di atas panggung kepada Pop Hari Ini

 

Fariz RM – Sundown At Midnight

https://www.youtube.com/watch?v=OnBqBRye620

Dari sekian banyak lagu hitsnya dan dari semua album yang disukai milik mas Fariz RM penyanyi idola saya, justru lagu ini yang paling saya suka. Walaupun sebenarnya lagu ini bukan salah satu lagu hits nya Mas Fariz.

Nggak tahu kenapa, tapi mungkin karena lagu ini sedikit berbeda dan lain sendiri dari kebanyakan lagu-lagunya Mas Fariz. Lagu dengan tema yang masih tentang tema yang paling popular yaitu tentang cinta tapi dikaitkan dengan suasana kota Jakarta di suatu momen waktu. Sangat mengena sekali di saat didengarkan di kota yang sama dengan isi lagu dan di momen waktu yang sama

 

Karimata feat. Phil Perry – Rainny Days & You (1991)

Saat pertama kali mendengar lagu ini di radio dulu saat tahun 90an awal saya langsung nyantol dan suka sekali. Saat itu tidak pernah terbersit sedikit pun kalo lagu ini adalah milik band Indonesia. Mungkin karena liriknya berbahasa Inggris dan penyanyinya adalah orang asing. Karena saat itu sangat belum lazim ada lagu lokal berbahasa Inggris. Belakangan baru tahu kalau dugaan saya salah dan ternyata sebenarnya adalah lagu band indonesia yang kebetulan juga adalah band favorit saya dari jaman dulu yaitu Karimata. Saya langsung kagum. Karena menurut saya lagu ini dari sisi lirik, notasi, melodi plus aransemen bisa disamakan dengan kualitas dunia.

 

Sinikini – Dan Senyumlah

Saya suka dengan lagu ini karena di Indonesia sangat jarang sekali atau hampir tidak ada lagu atau band yang dominan nuasa funk-nya. Jadi saat ada band dan bikin hits dengan genre ada sedikit funk-nya saya yang kebetulan saat di jaman itu lagi suka-sukanya dengan musik funk jadi langsung suka.

 

The Groove – Katakan dengan Cinta

Dari sekian banyak lagu yang saya bikin dan masuk ke dalam album-album The Groove. Ini lagu pertama ciptaan dan karangan saya yang jadi hits dan sering diputar di radio-radio pada saat itu.

 

Mejaa (Reza The Groove) – P.S. I Love You.

https://youtu.be/6nJ1VQFmcw0

Ini lagu single pertama saya sebagai penyanyi solo di luar The Groove. Dan lagu ini direkam dan dirilis dengan upaya yang besar dari sisi produksi, dari sisi idealisme menurut saya sendiri. Dan sama sekali tidak berorientasi pada industri atau pasar sama sekali. Tapi sayangnya justru setelah jadi justru tidak sampai dipromosikan dan dipasarkan dengan baik. Seperti selayaknya ketika sebuah single dirilis dengan penuh strategi pemasaran dan promosi.

__

foto: Nino Nirmolo

____

Penulis
Pop Hari Ini

Eksplor konten lain Pophariini

Jadi Vokalis DeadSquad, Vicky Mono: Jalani Saja Dulu

DeadSquad mengaku Vicky sosok vokalis yang mereka cari. Selain berkualitas, ia dianggap memiliki kemampuan untuk menguasai panggung sebagai stage performer.

Dzee Rilis Video Musik “Epik”, Simak Langsung di PHI Eksklusif

Di PHI Eksklusif kali ini, saksikan lebih dulu video musik “Epik”, salah satu single dari album debut Dzee sebelum tayang di berbagai platform.