5 Tips yang Bikin Band Lo Stand Out

578
advetorial september

Presented by Amild.id

Ada banyak faktor bikin lo ngerasa yang ketika lo bikin band, ngerasa nggak pernah
maju-maju. Bisa jadi karena musik dan lagunya nggak menjual, promosi lo kurang, atau
jangan-jangan konsep musik yang ditawarin band lo selama ini emang kurang masuk aja
ke pendengar hari ini, yang emang butuh banget sesuatu hal baru dan berbeda.

Nah, di bawah ini ada beberapa tips yang mudah-mudahan cocok buat lo yang mau bikin
band atau band lo yang baru setengah jalan. Yuk, simak baik baik, ya!

One-Man-Band yang atraktif
Konsep one-man-band ini memang agak jarang ditampilin di tanah air, meskipun kita tahu kalo tidak sedikit musisi kita yang jago main alat musik dan merekam semuanya dengan sendirian. Yang kerennya kalo konsep kaya gini bisa sekalian ditampilin di atas panggung. Kebayang kan, kita ngeliat satu orang main berbagai alat musik di atas panggung, sendirian dan menciptakan lagu yang keren? Itu baru gokil!

Dua drum, makin keren!
Kalo yang ini kebalikan dari one-man-band. Band itu pada umumnya hanya punya 1 drum.
Terus kenapa harus repot-repot pake drum tambahan? Eits, tunggu dulu. Konsep ini kalo
didengerin di rekaman apalagi ditampilin di atas panggung bakal menciptakan pertunjukkan yang luar biasa. Paling nggak, ketika ada dua solo drum di atas panggung itu aja udah bikin merinding. Kalo lo menganggap solo dua gitaris udah biasa, nah kebayang dong kalo ada dua solo drum? Mantep pol!

Instrumental yang bikin merinding
Kenyataan band-band instrumental jarang banget dapet tempat di panggung musik tanah air, karena mungkin mereka belum punya konsep yang keren buat didengerin apalagi ditampilin. Padahal, ada banyak hal yang bisa dikulik dari musik tanpa vokal ini. Mulailah gabungin alat musik konvensional lo dengan alat musik ‘di luar pakem’, kayak alat musik tradisional atau mungkin lo bisa menciptakan alat musik atau bebunyian yang baru hasil karya lo sendiri? Itu baru kerennya maksimal!

Visual yang berkarakter
Ini hal kecil sih, tapi terkadang ini penting banget. Salah satu hal yang bikin performance band keren itu terkadang justru bukan dari musiknya sendiri, tapi bisa jadi dari visual yang
ditampilkan. Visual itu banyak, salah satu yang terkecil adalah dandanan si musisi di atas
panggung. Perlu diketahui bahwa dandanan seorang musisi / anak band selalu disesuaikan
dengan jenis musik yang dibawakan. Kalo gak matching, wah itu bisa failed, sih! Dari sekarang, kalo mau bikin band, mikirin juga gimana dandanan lo ketika ditonton banyak orang.

Konsep Band Virtual yang Berani
Buat lo yang introvert alias gak berani tampil ditonton banyak orang dan memilih bikin musik yang keren. Kenapa gak sekalian aja lo bikin yang maksimal dengan mengganti lo dengan sosok karakter virtual? Konsep yang setahu kita jarang atau bahkan belum pernah dibuat di arena permusikan tanah air ini kalau digarap maksimal, bisa menimbulkan efek penasaran sekaligus tingkat keren yang luar biasa. Tertarik untuk mencoba?

Kalo lo butuh referensi dan inspirasi untuk bikin identitas atau penampilan band lo makin keren, klik aja di sini!