Menimbang Jaminan Sosial untuk Musisi
Kabar sakitnya musisi legendaris Yockie Suryoprayogo mendorong beberapa pihak melakukan inisiasi penggalangan dana. Lewat situs penggalangan dana dan donasi online, https://kitabisa.com/ , kampanye A Tribute to Yockie Suryo Prayogo yang digagas jurnalis Adib Hidayat sampai artikel ini dibuat berhasil mengumpulkan dana Rp 146.657.440. Sementara musisi-musisi Bandung seperti Java Jive dan Pure Saturday menggelar konser amal bertajuk From Bandung With Love: A Charity For Yockie Suryo Prayogo pada Rabu (15/11) lalu.
Solidaritas antarmusisi ini bukan sekali dua kali dilakukan. Di tengah persaingan ketat industri musik, masih ada rasa tenggang rasa untuk sejawatnya yang membutuhkan pertolongan. Tanpa mengurangi rasa hormat terhadap niat mulia untuk membantu sesama, muncul pertanyaan: perlukah musisi memiliki jaminan sosial?
Cerita musisi-musisi senior yang mesti hidup kesusahan di hari tua menjadi kisah lawas yang terus menerus berulang. Pemandangan Paul Mc Cartney menghabiskan waktu dalam yacht mewahnya di resor Ibiza mungkin agak sulit ditemui jika berbicara di ranah musisi Indonesia. Saat Paul Mc Cartney bisa dengan tenang menerima aliran uang royalti karya-karyanya, musisi Indonesia mesti mengatur siasat bertahan hidup di hari tua.
Royalti awalnya bukan konsep yang umum dijalankan pelaku industri musik Indonesia. Sebelum geger masalah pembajakan album Live Aid yang membuat Bob Geldof mencak-mencak ke pemerintah Indonesia, skema jual putus jadi mekanisme umum yang dijalankan pelaku industri musik. Album meledak sekian juta kopi, musisi hanya bisa pasrah menerima bayaran di muka berupa uang tunai atau sepeda motor dan mobil yang nilai ekonominya terus menurun. Baru setelah era 80-an konsep royalti mulai dijalankan, meski harus diakui masalah transparansinya masih jadi perdebatan pihak-pihak yang terkait sampai hari ini.
Niatan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) mendorong para musisi mendaftarkan diri menjadi peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan dan Ketenagakerjaan patut mendapat apresiasi, meski saat ini baru terbatas di kota Bandung saja. Dengan tercatat sebagai peserta BPJS, musisi akan mendapatkan keringanan biaya rumah sakit, baik saat sakit maupun kecelakaan, termasuk menerima jaminan hari tua.
Idealnya jaminan kesehatan dan sosial jadi klausul tak terpisahkan dalam kontrak kerjasama antara musisi dengan pihak yang “mempekerjakannya”, dalam hal ini bisa label rekaman, penerbit musik, atau promotor pertunjukan. Mekanisme pembayarannya bisa dipotong dari pembayaran royalti atau honor pementasan. Jika berbicara dalam ranah yang lebih mikro, skema jaminan melalui BPJS ini juga bisa diterapkan oleh manajemen artist ke kru-krunya.
Berkaca dari situasi di industri musik yang serba tak pasti, musisi juga perlu melakukan investasi untuk memastikan pendapatan mereka tetap aman meski masa produktif berkarya sudah lewat. Eric “Slowhand” Clapton menanamkan duitnya di penyewaan kapal pesiar, sementara Bono vokalis U2 memiliki investasi bidang properti. Di Indonesia yang jamak ditemui adalah sektor merchandise, seperti Jerinx, penggebuk drum Superman Is Dead, yang memiliki clothing line Rumble atau distro Lawless milik vokalis Seringai, Arian 13. Beberapa bergerak di sektor kuliner seperti Akhdiyat Duta vokalis Sheila On 7 yang punya pizzeria Il Mondo dan kedai pasta Meglio, Endah Widiastuti dan Rhesa Aditya dari Endah n Rhesa yang membuka coofeshop earHouse, Leon Legoh, yang menjalankan bisnis rumah makan Legoh di sela kesibukan sebagai drummer grup industrial rock Koil, juga yang terbaru adalah Lawless Burgerbar hasil kongsi Arian 13 dengan beberapa kawannya.
Sembari menunggu beresnya penataan infrastruktur industri musik Indonesia yang seperti menunggu Godot, ada baiknya musisi mulai berpikir untuk tidak menghabiskan uangnya di altar hedonisme sesaat. Bijak menggunakan uang untuk kebaikan di hari depan.
___
Eksplor konten lain Pophariini
- #hidupdarimusik
- Advertorial
- AllAheadTheMusic
- Baca Juga
- Bising Kota
- Esai Bising Kota
- Essay
- Feature
- Good Live
- IDGAF 2022
- Interview
- Irama Kotak Suara
- KaleidosPOP 2021
- KALEIDOSPOP 2022
- KALEIDOSPOP 2023
- Kolom Kampus
- Kritik Musik Pophariini
- MUSIK POP
- Musisi Menulis
- New Music
- News
- Papparappop
- PHI Eksklusif
- PHI Spesial
- PHI TIPS
- POP LIFE
- Review
- Sehidup Semusik
- Special
- Special Video
- Uncategorized
- Videos
- Virus Corona
- Webinar
Joyland Jakarta 2024 Mempertahankan Kenyamanan Berfestival
Joyland Jakarta 2024 sukses berlangsung selama tanggal 22-24 November 2024 lalu di Stadion Baseball Gelora Bung Karno, Jakarta. Selama 3 hari, para pengunjung menghabiskan akhir pekan mereka tidak hanya dengan menyaksikan barisan penampil yang …
Armand Maulana – Sarwa Renjana (EP)
Dengan EP berdosis pop dan unsur catchy sekuat ini, saya jadi berpikir, mungkinkah Armand Maulana berpotensi menjadi the next king of pop Indonesia?