Siap-siap Archipelago Festival 2018

Oct 3, 2018

Archipelago Festival akan kembali digelar pada 11-13 Oktober 2018. Kali ini festival yang mengedepankan beragam konferensi musik disertai pentas musik ini bakal digelar tiga hari di 5 tempat di Jakarta.

Berkaca pada kesuksesan tahun lalu, Archipelago Festival memberikan beberapa pembaharuan pada format festivalnya di tahun ini. Durasi festival, misalnya, bertambah dari dua menjadi tiga hari.

Kedua, bila tahun lalu konferensi dan pentas musik berlangsung dalam hari yang sama, tahun ini pentas musik berjalan di dua hari yang berbeda, yaitu tanggal 11 dan 12 Oktober di kawasan Taman Kemang (Hotel Monopoli, Kenobi Space, Frank’s, dan i-Six), sementara konferensi pada 13 Oktober di Soehanna Hall, The Energy Building, SCBD. Nantinya penonton bisa leluasa menikmati musik tanpa harus bentrok tanggal pertunjukan.

https://www.instagram.com/p/BoL0kv0Bl9k/?hl=id&taken-by=archipelagofest_id

Total ada 17 topik seputar industri musik Indonesia yang akan dihadirkan pada agenda konferensi, yang menarik antara lain pembahasan dangdut bersama Rhoma Irama dan edukasi musik dengan Addie MS.

Tak hanya dari Indonesia, di tahun ini, Archipelago Festival mendatangkan sejumlah panelis mancanegara, seperti Simon Raymonde — personil band dream-pop legendaris Cocteau Twins — dari label rekaman Bella Union, Gareth Main dari media The Quietus dan masih banyak lagi.

https://www.instagram.com/p/Bn-5K5vjUj4/?hl=id&taken-by=archipelagofest_id

Teguh Wicaksono selaku Program Director Archipelago Festival menjelaskan, “Pada gelaran tahun lalu, topik konferensi kami berfokus kepada percakapan sosial budaya di musik dan sorotan mengenai industri. Tahun ini, kami ingin mendiskusikan hal-hal teknis yang pengaplikasiannya lebih riil, seperti pajak untuk musisi, fotografi musik di era digital, dan streaming musik.”

Untuk pentas musiknya, Archipelago Festival 2018 mengajak serta delapan mitra kolektif untuk menjadi kurator pengisi acara. Mereka adalah Tulus, Lawless Jakarta, Demajors, Kolibri Rekords, UK/ID Festival, Microgram/FFWD Records, Berita Angkasa, dan Pon Your Tone. Jadi ya sudah pasti yang tampil lebih bervariasi dan berkualitas sesuai karakternya masing-masing.

Duo eksperimental asal Jogja, Senyawa bermain di Archipelago Festival 2017.

Harga tiket untuk menghadiri agenda konferensi dibagi menjadi dua: Rp300.000 untuk pembelian melalui Loket.com dan Rp400.000 untuk pembelian on-the-spot. Sementara itu, agenda pentas musik bisa didatangi secara cuma-cuma asalkan sudah melakukan pendaftaran di sini.

Penulis
Wahyu Acum Nugroho
Wahyu “Acum” Nugroho Musisi; redaktur pelaksana di Pophariini, penulis buku #Gilavinyl. Menempuh studi bidang Ornitologi di Universitas Atma Jaya Yogyakarta, menjadi kontributor beberapa media seperti Maximum RocknRoll, Matabaca, dan sempat menjabat redaktur pelaksana di Trax Magazine. Waktu luang dihabiskannya bersama bangkutaman, band yang 'mengutuknya' sampai membuat beberapa album.

Eksplor konten lain Pophariini

Wawancara Eksklusif: Dongker Lakukan Eksplorasi Necis di Album Perdana

Terbentuk tahun 2019, Dongker akhirnya mantap untuk segera merilis album penuh bertajuk Ceriwis Necis tanggal 24 Mei 2024. Album tersebut bakal berisi total 17 lagu termasuk 5 materi yang sudah rilis sebelumnya seperti “Bertaruh …

Farrel Hilal Gabung Sony Music Entertainment Indonesia

Menambah katalog perjalanan musiknya, Farrel Hilal kembali dengan single baru berjudul “Di Selatan Jakarta“. Perilisan ini menandai kerja samanya dengan label musik Sony Music Entertainment Indonesia.   Dalam meramu aransemen musik “Di Selatan Jakarta”, …