Pusakata Bercerita tentang Jalan Pulang

Apr 11, 2019

Mohammad Istiqamah Djamad a.k.a. Pusakata nampak sibuk di awal tahun ini. Ia tengah mempersiapkan debut albumnya bertajuk Dua Buku. Esok akan menggarap intimate showcase-nya di Jakarta. Namun sebelum itu, ia telah terlebih dahulu mempersembahkan single debutnya yang bertajuk “Jalan Pulang”.

Jalan Pulang menjadi single ketiga dari rekaman yang pernah dibuatnya, sebelumnya ia merilis “Kehabisan Kata” dan “Cemas”. Sesuai tajuknya, lagu ini bercerita tentang sebuah perjalanan pulang ke rumah. Pusakata mengungkapkan, lagu “Jalan Pulang” bercerita tentang momentum penyadaran diri. Sebuah perenungan untuk kembali mengingat rumah, mencari jalan pulang. Pulang ke rumah.

“Sebagai manusia, kita pasti ingin pergi meninggalkan rumah untuk bertualang sesuai imajinasi dan hasrat. Perjalanan ke banyak tempat dan bertemu dengan berbagai jenis kehidupan. Merasakan berbagai perubahan dalam diri secara dinamis. Tak jarang mengubah kita menjadi sosok dan pribadi yang baru,” tutur musisi yang sering disapa Is ini tentang lirik lagunya.

Pusakata / foto: dok. Pusakata.

Perubahan yang terjadi, menurutnya, bisa lebih baik dari sebelumnya atau menjadi lebih buruk. Pahit manisnya akan selalu melengkapi kita. Pergi mencari tenang, pergi mencari tantangan atau pergi mencari sesuatu yang tidak pernah kita bayangkan.

“Saat pergi ke mana saja atau ke antah berantah. Semakin lama semakin lupa. Lupa dari mana, lupa ingin apa, lupa akan rumah, dan tak tahu jalan pulang. Hasrat dan imajinasi menjadi teman setia mengejar cita-cita yang didamba,” ujar Pusakata.

Dari belakang / Pusakata / foto: dok. Pusakata.

Dari perasaan-perasaan itulah muncul kenginan kuat untuk kembali pulang ke rumah. Dan semua hal ini tergambar dengan manis dibalut lirik puitis dan disajikan dalam musik pop yang easy listening ditambah karakter vokal Pusakata yang merdu membuat lagu “Jalan Pulang” mengukuhkan citra musik Pusakata yang syahdu dan menenangkan.

Selain menulis lagu dan liriknya, Pusakata atau Is bertanggung jawab sepenuhnya terhadap album ini sebagai produser eksekutif. Tak hanya itu, dengan bantuan Sadrach Lukas sebagai produsernya, Is juga mengisi vokal utama, latar, gitar akustik di lagu ini. Sedangkan lick-lick gitar elektrik yang ada di album ini dipercayakannya kepada musisi/gitaris Denny Chasmala.

Artwork single Jalan Pulang

“Jalan Pulang” sudah bisa dinikmati di layanan streaming musik yang ada. Bagi kalian yang penasaran mendengar suara merdu Pusakata, silakan datang ke Coffeewar hari Jumat (12/4). Dapatkan infonya di sini.

Penulis
David Silvianus
Mahasiswa tehnik nuklir; fans berat Big Star, Sayur Oyong dan Liem Swie King. Bercita-cita menulis buku tentang budi daya suplir

Eksplor konten lain Pophariini

Good Ol’ Dreams Hadirkan Album Perdana dengan Sampul Jepretan John Navid

Tiga bulan setelah perilisan single “Tentang Lagu”, Ivan Adiwiguna atau dikenal sebagai Good Ol’ Dreams sempat menuliskan tentang bagaimana perkembangan musik di kabupetan asalnya. Di akhir tulisan, pria yang akrab disapa Epeng ini mengatakan, …

Teza Sumendra Rilis Album Mini Midnight Notion

Setelah asyik melakukan kolaborasi dengan sejumlah musisi, Teza Sumendra akhirnya kembali menghadirkan single baru “Got Supplies” yang menjadi materi solo pertamanya di tahun ini. Tanpa menunggu lama, seminggu kemudian sang penyanyi langsung menghadirkan sebuah …