Bangkutaman dan Harlan Boer Beri Kejutan di Cassette Store Day 2019

Oct 15, 2019

Menyambut Cassette Store Day yang jatuh pada 12 Oktober 2019 lalu, Bangkutaman, grup band asal jakarta memberikan sebuah kejutan dengan merilis mini album dalam bentuk kaset. Pada kesempatan kali ini, Bangkutaman berkolaborasi dengan Harlan Boer, musisi sekaligus penulis lagu yang pernah Malang melintang mulai dari Room-V, The Upstairs hingga C’Mon Lennon.

Mini album yang Diberi judul Dam Dam Pop! Ini merupakan proyek kolaborasi rekaman pertama trio yang kini digawangi Acum (vokal/gitar), Mada (bass) dan Uta (drum) sejak berdiri tahun 1999. Berisi 3 buah lagu sendiri dan 2 lagu cover, seluruh materi ini direkam dan dimixing di Palm House Studio, Jakarta oleh Pandji Dharma, yang dikenal sebagai gitaris dari band Sirati Dharma. Desain sampul albumnya dikerjakan oleh Satria Ramadhan dengan foto cover dieksekusi oleh Reno Nismara yang dikenal sebagai vokalis dari unit psikedelik rock Crayola Eyes.

Kolaborasi ini sendiri tercipta secara dadakan. Rekamannya sendiri pun dilakukan pada tanggal 9 dan 10 Oktober, tiga hari sebelum perhelatan Cassette Store Day. 

“Semuanya terjadi begitu cepat,” ujar Acum. “Suatu hari Harlan menelfon saya menyampaikan gagasan ini, seketika itu pula kami menggodok materi selama dua hari, sekelebat itu pula rekaman terjadi,” tambahnya. 

Menurut Harlan Boer, awalnya proyek rekaman ini adalah sebuah nostalgia merekam ulang lagu-lagu indiepop favoritnya, hingga pada akhirnya di sesi jamming di studio, lahirlah lagu-lagu hasil kolaborasi yang tak terduga. 

“Yang menarik adalah perasaan spontan dalam menulis lagu-lagu sendiri, semua mengalir dan disengaja, ini yang kemudian menjadikan hasilnya sangat spesial,” ujar Harlan. 

Tak ada benang merah di mini album ini, semua mengalir sesuai dengan perasaan ketika lagu itu dibuat. 

“Musiknya ngelebur banget, mulai dari distorsi yang berlebih atau dari gojrang-gojreng manis dan petikan-petikan manja,” tambah Harlan.

Ada dua lagu cover yang direkam ulang, “She Never Come Home” milik  band indiepop asal Bandung, Blossom Diary serta “Rindu” milik band indiepop Planetbumi asal Jakarta. Masing-masing lagu ini umurnya sudah 10 – 20 tahun. Alasan dua lagu ini direkam ulang tidak lain lebih karena dua lagu ini adalah favorit dari bangkutaman dan Bin Harlan yang mendengarkan lagu ini saat lagu ini dirilis.  

Bangkutaman dan Harlan di Cassete Store Day 2019 kemarin

Bangkutaman sendiri saat ini telah merampungkan rekaman untuk album terbarunya yang telah memasuki tahap mixing dan mastering. Sedangkan Harlan Boer juga tengah menggodok materi-materi untuk album/mini album terbarunya. 

Dam Dam Pop! Telah tersedia dalam bentuk kaset dan dijual di event Cassette Store Day! pada Sabtu (12/10) bertempat di Panhead Sky Rooftop, Radio Dalam, Jakarta. Seluruh proses pengerjaan kaset ini dari mulai penggandaan dan lainnya akan dilakukan secara langsung sesuai demand pada saat acara berlangsung. Untuk ke depannya, baik Bangkutaman maupun Harlan belum menetapkan apakah mini album ini nantinya akan dirilis di kanal digital.

 

____

Penulis
Jonathan
Cuma sok tahu tentang musik. Suka foto-foto stage juga.

Eksplor konten lain Pophariini

Wai Rejected Ajak Pendengar Merendahkan Ego di Single Koseitam

Setelah terakhir merilis karya di tahun 2021, Wai Rejected kembali menunjukkan eksistensi dengan single anyar “Koseitam” yang dilepas hari Senin (08/04). Dalam menggarap lagu ini, band menunjuk Mc Anderson untuk duduk di kursi produser. …

Lightcraft Kolaborasi dengan Solois dan Band Asal Filipina

Lightcraft kembali dengan single anyar bertajuk “Coming Home” hari Kamis (25/04). Dalam membawakan lagu ini, mereka mengajak solois Chelsea Dawn dan band pop rock bernama Coloura sebagai kolaborator.   Kedua kolaborator merupakan 2 musisi …