Inspiratif dan Intimate, Inilah Keseruan GAIA Music Festival 2022

Dec 24, 2022

Gelaran GAIA Music Festival 2022 – Jazz in the Valley inisiasi The Gaia Hotel Bandung berjalan dengan sukses. Kesuksesan perhelatan inspiratif yang diadakan selama dua hari ini memacu pihak The Gaia Hotel Bandung untuk menjadikannya sebagai acara tahunan.

“Ini adalah inaugurasi dari GAIA Music Festival. Dengan melihat ekspresi penonton yang antusias selama dua hari ini, tentu ini membuat kami kian bersemangat untuk meneruskan tanggung jawab menggelar GAIA Music Festival secara rutin,” ungkap General Manager The Gaia Hotel Bandung, Novi Samodro.

Diadakan pada 25-26 November lalu dan mengambil tempat di area amphitheater, Novi juga menyampaikan bahwa adanya event ini dikarenakan musik yang sudah menjadi bagian dari beberapa pilar konsep hotel tersebut. Hal ini dibuktikan dengan tersedianya fasilitas studio musik untuk para pengunjung.

“Kami ingin para pengunjung tak hanya menikmati musik, namun bisa terinspirasi dan berkreasi di sini. Amphitheater ini juga sangat terbuka sebagai wadah para musisi yang ingin perform dan menunjukkan karyanya di sini,” tambahnya.

Pemilihan amphitheater sebagai tempat acara berlangsung merupakan pilihan tepat karena menciptakan suasana intim dan hangat antara penampil dan penontonnya. Contohnya Sokhi, yang tampil di hari pertama. Proyek musik yang berdiri di tahun 2019 ini tampil berkarnaval melewati penonton dalam perjalanannya menuju panggung.

Sokhi mengawali penampilan mereka dengan berkarnaval / Dok. GAIA Music Festival

Penyanyi papan atas sekelas Andien bahkan sempat turun untuk berdansa bersama penonton. Andien yang malam itu tampil setelah Barry Likumahuwa juga menutup gelaran hari pertama.

Venue dan energi penonton luar biasa. Awalnya aku sempat deg-degan juga, karena aku tampil dengan konsep big band spesial untuk GAIA Music Festival ini. Hujan bukan masalah, tetap hangat di sini,” kisah Andien perihal penampilannya.

Hari kedua juga tidak kalah seru dengan menampilkan aksi pembuka dari grup jazz instrumental asal Bandung, 5Petani. Grup ini tampil meriah, lengkap dengan mengenakan pakaian petani yang sesuai dengan nama mereka. Mereka pun sempat melayangkan harapan agar GAIA Music Festival bisa menjadi acara rutin tiap tahun.

5Petani tampil berpakaian petani / Dok. GAIA Music Festival

Dira Sugandi yang mengaku senang tampil di acara tersebut bahkan sempat membawakan lagu berbahasa Sunda, “Bubuy Bulan” dan “Manuk Dadali”. Penampilan Dira saat itu juga ditemani oleh Sri Hanuraga Trio.

Perhelatan yang mengedepankan sisi inspiratif ini membuat penyanyi Tompi senang sampai menambah dua lagu pada setlist-nya hari itu. Ia mengaku bahwa situasi tempat dan respon penonton Bandung yang membuatnya melakukan hal spontan tersebut.

Tompi mengaku senang bermain di GAIA Music Festival / Dok. GAIA Music Festival

“Saya senang dengan konsep dekat dengan alam seperti ini. Semoga GAIA Music Festival menjadi event yang rutin,” tutup Tompi, musisi yang sekali lagi mengucap harapnya untuk GAIA Music Festival menjadi acara tahunan.


 

Penulis
Gerald Manuel
Hobi musik, hobi nulis, tapi tetap melankolis.

Eksplor konten lain Pophariini

Wawancara Eksklusif: Dongker Lakukan Eksplorasi Necis di Album Perdana

Terbentuk tahun 2019, Dongker akhirnya mantap untuk segera merilis album penuh bertajuk Ceriwis Necis tanggal 24 Mei 2024. Album tersebut bakal berisi total 17 lagu termasuk 5 materi yang sudah rilis sebelumnya seperti “Bertaruh …

Farrel Hilal Gabung Sony Music Entertainment Indonesia

Menambah katalog perjalanan musiknya, Farrel Hilal kembali dengan single baru berjudul “Di Selatan Jakarta“. Perilisan ini menandai kerja samanya dengan label musik Sony Music Entertainment Indonesia.   Dalam meramu aransemen musik “Di Selatan Jakarta”, …