Kelompok Tari Kembalikan Baliku Siap Tampil di New York Indonesia Fashion Week

Aug 29, 2024

Kelompok tari asal Jakarta bernama Kembalikan Baliku bakal meramaikan perhelatan New York Indonesia Fashion Week hari Sabtu (07/09) di New York, Amerika Serikat, tepatnya di 128 East 28th Street.

 

New York Indonesia Fashion Week nanti adalah momen perdana Kembalikan Baliku unjuk gigi di Amerika. Rencananya mereka bakal membawakan tarian Legong Kraton dengan menampilkan Syandria Kameron sebagai Condong dan Guwak, Komang Ayu Maharani sebagai Prabu Lasem, serta Ni Nyoman Widia Pertiwi sebagai Putri Rangkesari.

Dalam siaran pers, Syandria mengaku meskipun ia dan rekan-rekannya sudah mempelajari tarian Legong Kraton sejak awal terjun ke dunia tari, tetapi agar mendapatkan chemistry saat menari, atau biasa disebut ‘metaksu’ dalam bahasa Bali, mereka benar-benar berlatih hampir setiap hari selama kurang lebih 2 bulan.

“Kami juga harus mengembalikan stamina untuk menari, karena tarian ini durasinya panjang dan non-stop, jadi selain berlatih tari juga kita melakukan pilates, gym, dan pengulangan tariannya,” kata Syandria.

Pertunjukan di Amerika nanti dirasa menjadi pencapaian tersendiri bagi Kembalikan Baliku karena tidak hanya bisa menampilkan budaya tradisional Bali di sana, namun juga bisa menjadi momen retrospektif bagi penari Bali masa kini.

Syandria menutup dengan bercerita tentang penari Bali dari Desa Peliatan pimpinan Gung Kak Mandera yang pernah tampil di The Ed Sullivan Show tahun 1956 lalu dan mendapatkan apresiasi dari para penonton. The Ed Sullivan Show sendiri merupakan acara bergengsi Amerika yang bahkan pernah menampilkan aksi The Beatles.

“Maka dari itu Kembalikan Baliku ingin menunjukkan bahwa tarian Indonesia bisa dan layak untuk ditarikan di negara asing dan patut diapresiasi juga,” pungkas Syandria.

 

Penulis
Gerald Manuel
Hobi musik, hobi nulis, tapi tetap melankolis.
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Eksplor konten lain Pophariini

Sun D Mengawali Perilisan Album Mini Terbaru dengan Malam Ke Malam

Musisi hip hop asal Jakarta Barat yang mengusung nama panggung Sun D resmi menghadirkan single anyar dengan judul “Malam Ke Malam” hari Jumat (06/09). Dalam membawakan sang lagu, rapper ini menggaet Tessa Latuheru sebagai …

Lealona Asal Surabaya Menandai Kemunculan Lewat Single MASA

Duo pop asal Surabaya yang menamakan diri mereka Lealona resmi menandai kemunculan lewat perilisan single perdana yang diberi judul “MASA” hari Jumat (13/09). Lagu ini merupakan rangkuman suka duka, harapan, dan mimpi kedua personel. …