Skandal Rilis Album Penuh Perdana Bernuansa Pop Alternatif

Oct 22, 2024

Selang 8 bulan dari wawancara kami bersama Skandal, akhirnya mereka siap meluncurkan album penuh perdana Melodi hari Rabu (23/10). Dalam merilis album ini, band memercayai label musik asal Bandung, Disaster Records sebagai naungan.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Skandal (@skandalrockband)

 

Skandal sudah menggarap album Melodi secara intens sejak pertengahan 2023. Hal ini merupakan bukti komitmen baru band sejak Yogha Prasiddhamukti (vokal, tamborin) balik menetap di Yogyakarta, kota asal Skandal.

“Akhirnya, masing-masing dari kami berkomitmen yang sama untuk bikin album dan menjalankan band ini dengan lebih serius. Sudah terlalu lama band ini gak punya rilisan album, padahal kami punya banyak materi yang bisa digarap,” kata pria yang akrab disapa Siddha ini dalam siaran pers.

Album Melodi berisi 12 lagu yang mengombinasikan berbagai musik alternatif era 90-2000an. Siddha mengungkapkan ia dan rekan-rekannya menuliskan lagu-lagu untuk album mereka organik juga effortless.

“Dua pencipta lagu utama di band ini, Rheza (gitar) dan Robert (gitar, vokal), punya referensi dan pendekatan yang lumayan berbeda. Rheza banyak mengambil pengaruh dari musik-musik pop rock Indonesia akhir 90an dan 2000an, sedangkan Robert punya palet yang berakar dari alternatif dan indie rock. Tapi uniknya, ketika disatukan, jadi menyambung,” jelas Siddha.

Proses rekaman album Melodi berlangsung di Niskala Records dan Satrio Piningit Studio, Yogyakarta. Skandal ingin menyampaikan tentang kehidupan dengan segala dualitasnya, pahit manis yang datang silih berganti dalam album ini.

“Album ini jadi rangkaian ungkapan bermacam pikiran dan perasaan kami yang muncul dari pengalaman personal hidup kami sekarang dengan berbagai irama; naik turunnya, pasang surutnya,” ungkap Siddha.

Dari 12 lagu di album, 7 di antaranya sudah rilis lebih dulu, nomor berjudul “Terbang” yang beredar tahun 2023 mengalami perubahan lirik dan aransemen untuk versi album ini.

Skandal juuga menghadirkan beberapa kolaborator vokal seperti Amelia Vindy di lagu “Lemon” dan Clara Friska Adinda dari White Chorus yang didaulat untuk bernyanyi di nomor “Sakarin”.

Setelah mengeluarkan format digital yang saat ini bisa disimpan lebih dahulu via layanan streaming musik, Skandal sudah memiliki rencana untuk mengadakan showcase album, peluncuran video musik “Utara”, dan perilisan album Melodi dalam berbagai format fisik.

 

Penulis
Gerald Manuel
Hobi musik, hobi nulis, tapi tetap melankolis.
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Eksplor konten lain Pophariini

10 Tahun Album Telisik: Danilla Itu Telisik atau Hanya Sebuah Konsep?

Kini, setelah sekian tahun, Danilla berhasil survive. Ia bahkan menjadi ‘ratu indie’ di kalangan pecinta musik arus pinggir, karena album Telisik.

Tiga Generasi Menyambut Reissue Album Badai Pasti Berlalu

Sebelum bicara album OST. Badai Pasti Berlalu (1972) yang fenomenal, barangkali satu generasi penonton televisi di Indonesia pernah punya kedekatan personal dengan original soundtrack (OST) dua film anime. Pertama OST. Samurai X dan OST. …