Album Debut Flowers, “17 Th Keatas” Saksi Masa Muda yang Teler

7110

“Semua lagu isinya lead semua, ngablu terus. Gak ada konsep musiknya kayak gimana,” kata Boris.

“Kadang berhenti di tengah lagu, karena bingung mau ngapain lagi,” tambah Bongky.

Flowers formasi lama / foto: Themanformerlyknownas John ‘Tobing (Facebook)

Namun Bongky berhasil menjalankan perannya sebagai produser dengan baik. Dia bisa menjahit semua kekacauan musikal itu menjadi satu bagian yang utuh dan pas. Meski untuk itu dia harus bekerja lebih keras, menentukan mana bagian yang dibuang, mana yang dipakai.

Lagu “(Tolong) Bu Dokter” jadi lagu yang paling rumit penggarapannya. Terutama di part tengah setelah solo gitar. Menurut Boris, lagu ini cukup bikin pusing karena hitungan tempo yang sedikit nyeleneh. Belum lagi soal mengakali alat untuk membuat efek suara yang diinginkan. Di bagian tengah, suara-suara scratch dibuat Boris dengan menggesekkan sendok ke senar gitar.

17 Th Ke Atas akhirnya dirilis medio 1997. Sebenarnya saat itu Aquarius masih meraba apakah musik seperti Flowers bakalan laku dijual atau tidak. Karenanya, mereka memilih merilis album dengan angka kecil, 25 ribu keping. Hingga sekarang, tak ada yang tahu pasti berapa angka penjualan album ini. Bongky bilang, album itu ludes terjual. Repotnya, tak ada data pasti.

Tak lama setelah album ini dirilis, Flowers sempat tidur panjang. Boris pergi ke Amerika Serikat untuk belajar gitar, Njet bekerja kantoran, Bongky bikin BIP bareng Indra dan Pay. Cole meninggal pada 1999. Chilling sempat bikin band Bunglon, dan meninggal pada 2009.

The Flowers, 2019 / foto: dok. Flowers

Meski hanya dicetak sedikit, atau mungkin justru karena hanya dicetak sedikit, album perdana Flowers ini menjadi album cult, punya banyak penggemar loyal, terutama para pemain gitar. Di lapak penjual kaset bekas, ia dihargai tinggi, bisa sampai Rp100 ribu. Pada 2007, tepat satu dekade setelah album ini dirilis, Rolling Stone Indonesia menempatkan 17 Th Ke Atas ke dalam senarai 150 Album Indonesia Terbaik Sepanjang Masa.

 

_____