Alm. Naniel: Sosok Misterius di Balik SWAMI dan “Bento”

• Feb 26, 2020

Jumat, 21 Februari 2020, Naniel pergi meninggalkan kita semua. Sudah beberapa tahun belakangan ini Naniel jatuh sakit. Sebelum sakit, Naniel masih kerap dijumpai pada panggung-panggung kesenian, terutama di Surabaya. Duka melanda musik pop Indonesia.

Dalam sebuah wawancara khusus bersama seorang Naniel di sebuah media massa pada era 1990an, sesuatu yang terhitung jarang terjadi semasa hidupnya, Yakin berujar: “Saya Ingin Bento Seperti Bengawan Solo”. Kini sudah lebih dari 30 tahun umur “Bento” dan masih terus berkumandang, sama sekali belum ada tanda-tanda menghilang.

Selamat jalan, Naniel Yakin. Terima kasih untuk sumbangsih karya dan inspirasinya.

Innalillahi wa Innailaihi Rojiun.

 

____

Penulis
Harlan Boer
Lahir 9 Mei 1977. Sekarang bekerja di sebuah digital advertising agency di Jakarta. Sempat jadi anak band, diantaranya keyboardist The Upstairs dan vokalis C’mon Lennon. Sempat jadi manager band Efek Rumah Kaca. Suka menulis, aneka formatnya . Masih suka dan sempat merilis rekaman karya musiknya yaitu Sakit Generik (2012) Jajan Rock (2013), Sentuhan Minimal (2013) dan Kopi Kaleng (2016)

Eksplor konten lain Pophariini

Studio Pop Memasuki Musim Keduanya!

Masih ingat dengan sebuah kolaborasi dari Diskoria bersama Laleilmanino dan Eva Celia kala menghadirkan single bertajuk “C.H.R.I.S.Y.E” yang digagas oleh Studio Pop? Andai ingat, maka yang satu ini adalah lanjutan cerita dari Studio Pop! …

Dengarkan Perjalanan Baru Ecoutez

Ecoutez mengumumkan vokalis baru mereka, Sheila Anandara dalam acara Top 3 yang digelar hari Sabtu (12/06) di Airman Planet Lounge, Jakarta. Acara ini langsung dihadiri para personel, yakni Ayi, Jay, Leo, Iyas, serta dua …