Angga Puradiredja dan Inspigo Berkolaborasi Usir Stres

250
Angga Puradiredja
Angga Puradiredja dan Tyo Inspigo membuat program karaoke menghilang stres /

Vokalis Maliq & D’Essentials, Angga Puradiredja bersama platform media podcast, Inspigo membuat acara karaoke live di Instagram bertajuk Sing Your Stress Away with Angga Puradiredja. Episode perdana yang digelar 19 April lalu disambut hangat warga Instagram.

Acara ini merupakan hasil dari perbincangan Co-Founder dan CEO dari Inspigo, Tyo Guritno dan Angga Puradiredja ‘MALIQ & D’Essentials’. Berbicara kepada Pop Hari Ini, Minggu (31/5) lalu, Angga berkata bahwa ide ini awalnya dari Inspigo.

“Ini awalnya ide dari Inspigo. Gimana buat acara yang simple bisa menghibur di masa pandemi. Kita mulai 1,5 bulan yang lalu di awal pandemi. Konsepnya karaoke-an virtual dari rumah masing-masing,” ungkapnya.

Lagu-lagu yang dibawakan Angga merupakan favoritnya, dan ia juga memenuhi permintaan warga Instagram yang hadir dalam sesinya. “Jadi gimana caranya biar bisa nyanyi bareng, bukan hanya nonton aku nyanyi,” jelas Angga.

Angga sangat merasakan dengan bernyanyi dapat melepas stres. Ia setuju bahwa bernyanyi di masa pandemi corona ini menjadi obat antidrepesan yang alami.

“Nyanyi itu momen di mana aku punya zona untuk berimajinasi lewat lagu,” ungkap Angga.

Cikal bakal Sing Your Stress Away berangkat dari pengalaman Tyo saat mengantar orang tuanya ke dokter.

Angga dan Tyo (inspigo)

“Dulu waktu awal-awal work from home, itu kan lumayan ini ya adjustment dari segi kerjaan, bisnis, dan lain-lain tuh lumayan kerasa. Gue waktu itu kebetulan nganterin nyokap gue ke rumah sakit. Trus dokternya bilang, itu masih akhir Maret ya. Dokternya bilang, pasien-pasien yang datang ke dia pada ancious. Anxious levelnya tinggi. Jadi 50% dari yang sakit datang ke dia, ternyata nggak sakit. Ternyata stres. Itu masih akhir Maret,” kata Tyo.

“Gue sempat ngobrol sama Angga. Iseng-iseng aja sih ngobrol-ngobrol. Nggak terlalu ada agenda. Cuma karena gue kepikiran banyak orang yang stres nih. ‘Kira-kira kita ngapain ya Ngga, loe juga banyak yang di- postponed atau cancel gig-gig nya’,” ujar Tyo.

Sing Your Stress Away bersama Angga Puradiredja

Gayung bersambut, Tyo dan Angga punya pemikiran yang sama untuk membuat sesuatu yang produktif. Secara output bikin orang-orang tidak stres sama keadaan saat ini akibat corona. Pada saat itu mereka belum kepikiran apa.

Tyo menganggap kalau nonton live music di Instagram atau YouTube meskipun tayangan langsung, rasanya hampir sama seperti nonton tidak live. Artinya bakal jarang ada feedback.

“Si yang nonton ini ya cuma nonton aja, nggak ikutan nyanyi yah kecuali lo fans berat lo hafal. Tapi kalo bukan fans berat kan ya lo nggak terlalu hafal liriknya lo pengin nyanyi kan harus dibantu dengan lirik,” jelas Tyo.

Di sela-sela syuting Sing Your Stress Away with Angga Purediredja

Ia merasa dengan bikin karaoke, dampak psikologi ke orang lebih bisa membantu menurunkan tingkat stres. Maka di setiap episode, Sing Your Stress Away memilih lagu-lagu yang memang populer, terutama lagu Indonesia, dan lagu hit Barat baru dan lama yang memang ramah di telinga khalayak.

Komentar menyenangkan dari warga Instagram, hingga episode baru-baru ini Sing Your Stress Away with Angga Puradiredja and Friends membuat tim Inspigo semakin bersemangat. Ternyata ajang karaoke ini menciptakan dampak yang benar-benar positif.

“Senang aja dengan kekuatan kita masing-masing membantu orang-orang ini thru this program Sing Your Stress Away karaoke- an bareng sama Angga dan teman-teman lainnya,” ungkap Tyo.

Edisi teranyar Sing Your Stress Away with Angga Puradiredja & friends

Mengenai lagu yang dinyanyikan Angga, pihak Inspigo sendiri memilih yang memang easy to sing-along. Tak kalah penting Angga nyaman untuk menyanyikannya.

Penonton Sing Your Stress Away tiap episode bisa mencapai ratusan. Tyo mengaku salut terhadap Angga yang mau bereksperimen tanpa band. “Gue salute sama Angga mau bereksperimen bareng-bareng demi sesuatu yang mempunyai impact ke orang lain, dan impact-nya ini juga nggak main-main. Kalau kita bisa ngebantu relieve stress mereka (warga Instagram). Kehidupan mereka lebih baik,” kata Tyo.

“Angga yang udah sukses dengan MALIQ- nya itu tapi masih mau bereksperimen juga bareng-bareng sama Inspigo untuk memberi dampak itu ke orang lain,” tutup Tyo, kagum.

So, siap untuk berkaraoke menghilangkan stres? Silakan ikuti Sing Your Stress Away with Angga Puradiredja and Friends di Instagram Inspigo setiap Sabtu.

_____