89

Badai Yang Dibuat Dengan Onar

“Karena semua orang menghadapi badai masing-masing”, adalah pesan yang coba disampaikan oleh kolektif hip hop Onar melalui rilisan singel pertamanya yang berjudul “Badai”.  Onar digawangi oleh Aron Marcello, Laze, ShotgunDre, Ayub John, Twiezzy, Aryo Wismoyo, Noise, Rizqi Arfiyanto, Daniel, Bendot serta Bebop bekerja sama dengan dengan produser Elfa Zulham yang juga menyumbang beat elektronik ciptaannya.

Onar terbentuk dari sekumpulan anak tongkrongan pada tahun 2015 silam kini semuanya. Grup yang beranggotakan 11 orang ini terkenal dengan ciri khas lagu yang sesuai dengan nama nya dan gemar membuat keonaran terutama di atas panggung. Jadwal tinggi di panggung Onar terbiasa membawakan lagu masing-masing personilnya yang mempunyai karya musik sendiri-sendiri. Di antaranya Ayub Jonn yang telah merilis album penuh ONE (2016) dan Laze dengan Waktu Bicara (2018) tahun lalu.

Baca juga:  Rich Brian Mendadak Jago Ice Skating
Onar. Foto: Provoke Online.

Singel Badai ini menandakan karya perdana mereka sebagai kolektif hip hop dengan bendera Onar. Dan tentuntnya yang kental akan problema sosial kini hingga selentingan kritik terhadap kondisi perpolitikan di Indonesia. Singel perdana kolektif hip hop, ONAR yang diproduseri oleh Elfa Zulham dan bekerja sama dengan Shoemaker Music ini kini sudah tersedia di seluruh layanan streaming musik digital dan Youtube.