Beside Rilis Film Dokumenter dan Umumkan Tur Jepang bareng Rosemary

Jan 24, 2024

Setelah menggelar konser perayaan 26 tahun Desember lalu, Beside kembali merilis karya berupa film dokumenter bertajuk Timeless Diary of Beside di bawah naungan Atap Class dan Studio Amorfati.

Mereka langsung menggelar pemutaran film tersebut hari Selasa (16/01) di Braga Sky, Bandung yang dihadiri rekan-rekan media, penggemar, dan teman-teman musisi.

Kimung dan anak-anak SMK 2 Garut terlibat di belakang layar dokumenter Beside / Dok. Gerald Manuel

 

Penggarapan Timeless Diary of Beside melibatkan Kimung, mantan pemain bas Burgerkill sebagai produser dan sutradara. Selain mengangkat perjalanan karier Beside, Kimung juga mengangkat tragedi konser mereka 2008 lalu atau dikenal sebagai Tragedi AACC 2008.

Kimung mengatakan penggarapan film ini berawal dari janjinya kepada para personel band untuk membuat buku tentang perjalanan 20 tahun band di tahun 2017 lalu.

“Ketika Bebi minta tulisin buku 20 tahun Beside, saya langsung mengiyakan, tapi pada waktu itu saya lagi nulis buku Bandung Bawah Tanah, yang sampai sekarang gak beres-beres [tertawa],” kata Kimung dalam konferensi pers usai screening film.

Rencana menulis buku yang sempat tertunda selama 6 tahun itu akhirnya berujung pertemuan dengan anak-anak SMK 2 Garut yang sedang kesulitan mencari tugas akhir untuk proses magang mereka di Atap Class.

Para siswa SMK 2 Garut ini berpendapat, meski Timeless Diary of Beside tidak akan tayang di layanan streaming online mana pun, namun mereka memiliki target film ini bisa menembus layar-layar festival.

Selain pemutaran film, band juga menggelar konferensi pers mengenai rencana tur ke Jepang baraeng Rosemary. Tur ini diberi tajuk Beside X Rosemary: Bring The Noise Japan Tour 2024 yang dimulai tanggal 28 Januari – 7 Februari mendatang. Di mana Beside sudah merencanakan tur sejak tahun lalu.

Beside dan Rosemary siap berangkat ke Jepang / Dok. Wdian Lesmana

 

Fajar Juliandri dari Rosemary menambahkan, relasi yang pernah terjalin bersama rekan-rekan bandnya saat tur Jepang beberapa tahun adalah pemicu tur bareng Beside ini bisa terjadi.

“Sebenarnya niatnya memang belum ada ke Jepang ya. Cuma kebetulan, pas buka handphone, (relasi) yang mengundang Rosemary kami kontak lagi,” ucap Fajar.

Selain menjajal panggung Jepang, Beside dan Rosemary menyiapkan rencana untuk merekam single kolaborasi mereka di sana. Tidak tanggung-tanggung, kedua band siap merekam videoklip sang lagu di negeri sakura tersebut.

Penulis
Gerald Manuel
Hobi musik, hobi nulis, tapi tetap melankolis.
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Eksplor konten lain Pophariini

Dongker – Ceriwis Necis

Kalian tidak harus sependapat dengan saya, “Bertaruh Pada Api” adalah lagu punk rock yang menyayat hati. Dinyanyikan bersama kebanggaan dan keharuan seekor pecundang urban yang mengais harapan di antara luka kehancuran zaman. Lagu itu …

Daftar Festival Musik 2024

Sejak menggelar diskusi seputar festival musik di pertengahan Maret 2024 lalu, kami sudah mendatangi dua keramaian. Pertama, Hammersonic Festival dan yang kedua Java Jazz Festival. Dapat dipastikan tahun ini panggung musik padatnya tak berkurang …