Bidadari-Bidadari Merdu Bergitar

• Jul 9, 2019

Riset mengejutkan di tahun 2018 yang dilakukan gitar Fender menyatakan kalau kini 50% populasi gitaris baru di dunia saat ini adalah kaum perempuan. Padahal sebelumnya kaum perempuan adalah pasar yang tidak terlalu dilirik oleh salah satu produsen gitar terbesar di dunia ini. Begitu banyak gitaris muda perempuan yang berbakat di seluruh penjuru dunia saat ini. Bahkan solois/penyanyi/gitaris St. Vincent, adalah perempuan pertama dalam sejarah yang dibuatkan signature series gitar elektriknya di tahun 2018 kemarin.

Hal serupa juga terjadi di Indonesia. Namun untuk saat ini sosok vokalis perempuan yang sekaligus mahir bermain gitar akustik dengan lihay terlihat jauh lebih banyak menonjol. Pop Hari Ini mencoba mengangkat para bidadari-bidadari bersuara merdu yang sekaligus piawai bermain gitar akustik kala mereka manggung. Ada yang terlewat? Silahkan tambahkan di kolom komentar

Maudy Ayunda

Maudy Ayunda. Foto: KapanLagi.com / Muhammad Akrom Sukarya

Penyanyi Maudy Ayunda ini punya seabrek talenta. Selain sering tampi sambil memetik gitar akustiknya dengan fasih, ia juga mahir berakting. Baik sebagai bintang iklan maupun sebagai seorang aktris. Total sudah 3 album dan 1 album soundtrack ia hasilkan. Dari Panggil Aku… (2011), Moments (2015) dan Oxygen (2018) serta album soundtrack Ost. Perahu Kertas (2012). Sementara sejak 2005 ia telah membintangi belasan film layar lebar. Dan sejak tahun 1999 hampir 20 iklan berbagai produk telah ia bintangi.

 

Lala Karmela

Lala Karmela. Foto: dok. Istimewa

Sempat berkarir di Filipina selama 3 tahun pada 2006-2008 dan menelurkan album perdana Stars (2007) selama berkarier di Filipina. Lala kemudian menghasilkan 3 album solo di Indonesia berjudul Kamu, Aku, Cinta (2010), Between Us (2013) dan Solina (2016).
Selain itu Lalu pun telah membintangi 5 film selama ini sejakr 2008 dengan, Seleb Kota Jogja, Ngenest (2015), Bukaan 8 (2017) , Partikelir (2018) , Kuambil Lagi Hatiku (2019).

Nadya Fatira

Nadya Fatira. Foto: istimewa

Selain menapaki karir sebagai penyanyi solo sekaligus gitaris yang telah merilis sebuah album penuh My Story (2010) dan belasan singel serta berbagai kompilasi dan soundtrack film, Nadya Fatira juga mahir memproduksi musik. Tercatat ada Hijabers in Love (2014)
Miracle: Jatuh Dari Surga (2015) yang komposisi musiknya ia kerjakan. Juga mengerjakan musik untuk iklan televisi brand seperti simPATI Your Everyday Discoveries, simPATI Social Max, Himalaya Face Wash, Vivo Smartphone. Selain itu Nadya juga sempat membuat lagu untuk para penyanyai di antaranya Fatin, Ardina Rasti dan Maudy Ayunda.

 

Rara Sekar

Rara Sekar / Foto: Instagram Secco guitar

Sosok yang dulunya dikenal sebagai salah satu dari duo Banda Neira ini adalah penyanyi, peneliti, aktivis dan pengajar. Banda Neira sendiri telah membubarkan diri pada 2016 setelah merilis 2 album mini Berjalan Lebih Jauh ‎(2013) dan Yang Patah Tumbuh, Yang Hilang Berganti ‎(2016). Kakak dari penyanyi Isyana Sarasvati ini selain kemarin telah merilis singel kolaborasi dengan Isyana berjudul “Luruh” ia juga memiliki proyek bernama Dara Muda dengan Danilla dan Sandrayati Fay yang telah merilis album perdananya Salam Kenal. Belakangan produsen gitar akustik asal Bandung pun membuatkan gitar akustik signature untuknya yang bernama “Apu Tambunan”. Model gitar parlour namun dengan senar nylon.

Sheryl Sheinafia

Sheryl Sheinafia / Foto: istimewa

Sheryl sebelum dikenal sebagai presenter acara Breakout di NetTV adalah penyanyi. Di usia 15 tahun kemampuannya bernyanyi dan bermain gitar bahkan pernah membuat bu Acin Musica tertarik dan mengontraknya. Lalu single pertamanya “Demi Aku” dirilis pada tahun 2012. Setelah itu Sheryl lalu merilis album penuhnya yang berjudul sama Sheryl Sheinafia pada 2013 dan pada 2018 merilis album kedua yang berjudul II. Selain itu Sheryl juga telah membintangi berbagai film layar lebar. Di antaranya Koala Kumal (2016), Galih dan Ratna (2017) dan film tv Underdogs di tahun yang sama, dan yang tahun ini akan tayang, Bebas (2019).

 

Endah Widyastuti

Endah Widiastuti IG

Yang ini tidak perlu diragukan lagi. Kepiawaian Endah di atas senar gitar tidak main-main. Mau bermain gitar akustik, gitar elektrik maupun gitar dobro (gitar besi untuk slide guitar). Semua ia kuasai. Endah dengan duo nya Endah n Rhesa juga hadir sebagai salah satu penyanyi/gitaris perempuan bergitar generasi pertama dalam musik Indonesia. Kepiawaiannya bermain berbagai genre musik membuat musik Endah n Rhesa kaya pengaruh dari berbagai genre musik seperti folk, jazz, blues, rock n roll dan balada.

Hal itu bisa disimak melalui 4 albumnya. Nowhere To Go (dikemas ulang dan dirilis pada tahun 2009), Look What We’ve Found (2010), Escape (2013) dan Seluas Harapan (2015). serta beberapa mini album The New Beginning (2005), Real Live (2006), Real Live – Our Wedding Abum (2009), Cita-citaku Setinggi Tanah OST (2012).

 

____

Penulis
Fari Etona
Pendenger musik pop dan rock, serta pecinta binatang dan pemakan buah-buahan.

Eksplor konten lain Pophariini

SIVIA Merilis Lagu Hening dalam “Serene”

Memasuki pertengahan bulan keenam, SIVIA kembali hadir dengan single terbarunya, “Serene”. Ini merupakan single kedua menuju peluncuran mini album yang akan datang, setelah dibuka nomor pertama “Are You My Valentine?” pada Februari 2021 lalu. …

Perjalanan Panjang Basboi dalam Album Debutnya

Setelah melalui rangkaian single-single yang dilepas secara eceran di beberapa waktu ke belakang, akhirnya Basboi resmi menutup rangkaian tersebut dengan album debutnya, Adulting For Dummies. Resmi dilepas pada hari Jumat (18/06) ini, Basboi menyuguhkan …