BIP Rilis Ulang 9 Lagu Lama dengan Bonus Lagu Baru dalam AiKAMSI

Jul 10, 2023

Setelah terakhir merilis album mini Berangkat di tahun 2021, BIP kembali dengan karya musik terbaru AiKAMSI yang rilis hari Jumat (07/07). Album penuh berisi total 10 lagu ini menampilkan 9 lagu lama dan 1 lagu baru berjudul “Healing”.

BIP merupakan band yang dihuni para mantan personel Slank, Bongky, Indra, dan Pay, yang juga diperkuat Ipang Lazuardi sejak album Udara Segar rilis di tahun 2004. Walaupun album AiKAMSI lebih banyak menampilkan materi lama, mereka tetap berusaha memberikan sentuhan baru sesuai tujuan yang ingin dicapai Indra selaku produser album.

Menurut para personel BIP, satu hal yang menggelitik soal album baru mereka adalah penggunaan istilah AI (Artificial Intelligence) dalam judul. Band menjelaskan, pemakaian kata ini dilakukan hanya sebagai gimmick dan panduan dalam analisa progress, bukan untuk eksekusi, terlebih dalam penulisan lagu.

Meski begitu, BIP tetap memasukkan sedikit unsur AI pada lagu baru “Healing”. Ikon ChatGPT yang digunakan dalam lagu hanya ditempelkan di bait dengan lirik tajam untuk mengurangi kesan menohok dalam kata-katanya. Namun, para personel BIP memastikan, bahwa proses pengerjaan album secara keseluruhan, murni dari kreativitas mereka.

Lagu “Healing” bersama 3 lagu lainnya dalam AiKAMSI, “Mentari Pagi”, “Aku Gemuk Lagi”, dan “1000 Puisi” melewati proses rekaman secara live di Rumah Kenangan Titi Qadarsih. Videoklip untuk keempat lagu tersebut juga sudah bisa disaksikan melalui kanal YouTube AIAIQ.

Album terbaru BIP, AiKAMSI sudah bisa didengarkan melalui seluruh layanan streaming musik. Band berharap, perilisan album secara digital membuat album ini bisa dinikmati oleh penggemar mereka di mana pun berada.


 

Penulis
Gerald Manuel
Hobi musik, hobi nulis, tapi tetap melankolis.
Subscribe
Notify of
guest
2 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
dmz
dmz
7 months ago

TOP, Eksis dengan Karya

DP HERLAMBANG
DP HERLAMBANG
7 months ago

Album Berangkat rilis tahun 2010…njir
Perasaan Bip terakhir rilis album 2019 “Bikin Indonesia Paten”

Eksplor konten lain Pophariini

5 Alasan Shelomita Tetap Bermusik

Shelomita yang dulu dikenal sebagai penyanyi latar untuk band seperti Slank dan Dewa kembali merilis karya terbaru di bulan Desember 2023 lalu. Single bertajuk “Biarkan Kasih Bernada” ini dikerjakan bersama trio pencipta lagu Laleilmanino. …

The Soegenk Asal Pangkalan Bun Rilis Single Rela

Band pop alternatif asal Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah bernama The Soegenk resmi merilis single kedua bertajuk “Rela” hari Kamis (15/02).   The Soegenk beranggotakan Gogo (vokal), Reza (drum), Raja (kibor), Fauzan (gitar), dan Nando …