Bocoran Tur Perdana Oscar Lolang

Mar 27, 2023

Oscar Lolang akan menggelar tur perdana yang dimulai pada 31 Maret hingga 9 April 2023. Dalam tajuk Tur Jalan Sendiri, Oscar bakal tampil lima kota, yaitu Depok, Jakarta, Bekasi, Bandung, dan Semarang.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by BUNG OSCAR (@oscarlolang)

Perkenalan Oscar dengan musik berawal dari sang ayah yang suka memutar Koes Plus dan Queen. Sejak itu, ia mulai tertarik untuk belajar memainkan alat musik dari ekstrakulikuler band yang ada di sekolahnya.

Kalau sekarang dikenal sebagai solois folk, ternyata Oscar sempat bergabung di beberapa grup musik kampus semasa kuliah. Namun, ia mengungkapkan, meskipun senang bermain musik dan menulis lagu. Saat itu musik bukan lah visi utama dalam hidupnya.

Baru di tahun 2015, seorang teman yang sedang merintis label rekaman memberikan penawaran kepada Oscar untuk merilis karya. Lagu yang direkam bersama label tersebut adalah yang kita kenal dengan judul “Eastern Man” rilis di tahun 2016.

Setelah “Eastern Man” rilis 7 tahun yang lalu, pria kelahiran 2 Juli 1993 ini mengumumkan tur perdananya. Saat dihubungi via WhatsApp oleh Pophariini, Oscar mengungkapkan alasan kenapa butuh waktu selama itu sampai akhirnya tur.

Menurut Oscar, rencana tur sebenarnya muncul sejak album pertama Drowning in a Shallow Water. Tetapi beberapa kondisi membuat ia dengan terpaksa menyimpan rencananya terlebih dahulu.

“Gak lama setelah rilis album pertama itu, aku harus semi hiatus bermusik karena waktu itu kondisinya aku harus menyelesaikan skripsi. Jadi, aku gak bisa leluasa manggung lah, apalagi bikin tur,” ungkap Oscar.

Sebelum Jalan Sendiri beredar di bulan November 2022, rencana tur sempat terpikirkan kembali. Namun, Oscar terpaksa mengurungkan niatnya mengingat belum ada materi album hingga ia merasa mantap tahun ini.

Oscar sempat memberi bocoran, selain membawakan lagu-lagu lama, single lepasan, dan beberapa cover. Ia juga bakal membawakan materi dari Jalan Sendiri secara lengkap di tur nanti.

Jalan Sendiri merupakan album penuh kedua dalam karier Oscar. Ia merasa album ini lebih baik dari segi pendewasaan secara personal dan cara penulisan musik. Sewajarnya yang dilakukan musisi lain menginginkan album yang lebih baik dari sebelumnya.

 

Sebagai informasi tambahan, Oscar Lolang juga akan menampilkan musisi-musisi lain sebagai kolaborator dan pembuka di turnya

“Aku belum bisa spill siapa-siapa aja. Tapi, kalau buat pembuka itu kebanyakan adalah musisi yang jalurnya either solois, atau dia di (jalur) musik yang semi minimalis. Ada juga yang gak, tapi mungkin akan memainkan set yang lebih minimalis dan folky. Kalau untuk kolaborasi yang pasti itu aku akan ajak kawanku, Alan Davison (Lamebrain). Karena di lagu ‘The Only Blue I Love The Best’ itu aku featuring dengan Alan,” tutup Oscar.

Tur Jalan Sendiri mulai bergulir tanggal 31 Maret 2023 di Depok dan berakhir 9 April 2023 di Semarang. Pantau terus info lanjutannya di akun Instagram @oscarlolang.


 

Penulis
Gerald Manuel
Hobi musik, hobi nulis, tapi tetap melankolis.

Eksplor konten lain Pophariini

5 Musisi Indonesia Favorit Bambang Pamungkas

Pophariini berkesempatan untuk melakukan peliputan Prambanan Jazz tanggal 5-7 Juli lalu di Candi Prambanan, Jawa Tengah. Salah satu yang menarik perhatian kami saat itu melihat legenda penyerang Timnas Indonesia Bambang Pamungkas (Bepe) bersama keluarganya …

Penyanyi Hip Hop Aceh, Kwalik Mega Melepas Album Penuh Perdana Smoke’s

Penyanyi hip hop asal Aceh dengan nama panggung Kwalik Mega resmi meluncurkan album penuh perdana dalam tajuk Smoke’s hari Jumat (12/07). Album Smoke’s dirasa rapper bernama asli Tommy Ferrariza ini adalah representasi dari situasi …