Cara Mudah Mengurangi Screen Time Kamu

Apakah kamu pernah menghitung setiap berapa lama kamu mengecek telepon genggam kamu? Menurut Tristan Harris, mantan Design Ethicist Google dan pendiri lembaga nirlaba Time Well Spent, orang rata-rata mengecek telpon genggam mereka setiap 15 menit sekali. Menurut Harris, seringkali kita mengecek telepon genggam yang kita miliki dengan hasil yang sebetulnya tidak penting dan menarik, walaupun kadang memberikan hasil yang rewarding, seperti pesan yang menyenangkan, tambahan likes, atau email yang membawa kabar baik. Hal-hal yang rewarding ini yang menurut Harris cukup memuaskan untuk membuat kita kembali terus menatap layar gawai.

Ternyata salah satu cara terbaik mengurangi adiksi kamu di depan gawai bisa didapat melalui pengaturannya. Harris menyarankan untuk mengubah display warna di telepon genggam kamu menjadi grayscale. Jika kamu mulai merasa gawai menyita waktu istirahat, waktu tidur, atau mungkin waktu kerja, kamu bisa mengubah display-nya menjadi grayscale. Walau ini mungkin bukan obat mujarab adiksi kamu, tapi setidaknya melihat Instagram dan Snapchat tidak akan seseru ketika kamu melihatnya dalam layar hitam putih.

Untuk mengubah display dalam android berbeda-beda sesuai dengan modelnya masing-masing. Untuk IOS 10, kamu bisa melakukannya dengan mengakses menu “Accessibility”. Settings > General > Accessibility >Display Accommodations >Color Filters. Ganti Color Filters dan pilih Grayscale.

LEAVE A REPLY