Cara Sheila On 7 : “Sekarang Kami Harus Lebih Bijak Mengeluarkan Kreativitas”
Sejauh mana status sebagai band independen berpengaruh dalam proses kreatif?
Adam: Sebenarnya secara prinsip nggak ada yang berbeda. Waktu di label kita nggak pernah diatur, nggak pernah disuruh bikin lagu kayak begini atau kayak begitu. Lebih ke partnership. Aku duwe karya wis kowe dolen (kami punya karya, sudah kalian yang jual). Peran label paling memilih lagu-lagu yang masuk oleh pak Jan Djuhana waktu itu. Proses kreatif di band juga sama. Siapa yang punya lagu, dia kasih kisi-kisi aransemen, setelah itu masuk studio, direkam. Yang kita mulai adalah coba pakai music director. Dulu itu blong-blongan, kita sendiri yang jadi music director. Sekarang kita melibatkan seorang musisi yang menurut kita layak dalam arti mengikuti perkembangan musik Sheila On 7. Kita ingin ada perspektif lain dari luar untuk melihat musik Sheila On seperti apa.
Eross: Sekarang ada music director kerja kami lebih ringan dan santai. Yang beda adalah pemasarannya karena dilakukan oleh label kami sendiri
Tomo: Rekaman musiknya sehari selesai, vokalnya juga sehari selesai. Tapi ngepaske (menyesuaikan) jadwal rekaman sama jadwal mereka manggung itu yang lama (tertawa)
Apa saja referensi yang Sheila On 7 berikan untuk Tomo dan Tama sebagai music director ?
Eross: Awalnya dari “Why Can’t This Be Love-nya Van Hallen”, aku pertama kali rekam di keyboard. Ini versi lebih organik dari yang kalian dengar di “Film Favorit”. Gambaran awalku untuk ngasih tremolo dan arpeggio dalam satu nada itu aku dapat di Van Hallen. Mungkin karena Tomo referensi teknologinya lebih ke teknik rekaman sekarang, keluarnya jadi kayak “Madness”-nya Muse. Menghasilkan sound seperti Van Hallen untuk sekarang jelas nggak mungkin.
Tomo: Sebagai music director kita harus bisa bedakan antara selera dengan referensi yang diberikan. Saya suka Guns N Roses tapi saya harus melihat kebutuhan lagunya seperti apa. Saya berusaha untuk tidak memaksakan idealisme dengan melihat apa yang sudah mereka punya terlebih dahulu, lalu mengembangkannya. Selain Van Hallen, Eross juga ngasih arahan referensi string seperti part string-nya lagu-lagu Oasis. Juga ambience musik rock zaman sekarang. Mereka juga tidak seratus persen pasrah ke music director. Saya dan Tama memposisikan sebagai mitra untuk brainstrorming
____
Eksplor konten lain Pophariini
- #hidupdarimusik
- Advertorial
- AllAheadTheMusic
- Baca Juga
- Bising Kota
- Esai Bising Kota
- Essay
- Feature
- Good Live
- IDGAF 2022
- Interview
- Irama Kotak Suara
- KaleidosPOP 2021
- KALEIDOSPOP 2022
- KALEIDOSPOP 2023
- Kolom Kampus
- Kritik Musik Pophariini
- MUSIK POP
- Musisi Menulis
- New Music
- News
- Papparappop
- PHI Eksklusif
- PHI Spesial
- PHI TIPS
- POP LIFE
- Review
- Sehidup Semusik
- Special
- Special Video
- Uncategorized
- Videos
- Virus Corona
- Webinar
Juicy Luicy – Nonfiksi
Lewat Nonfiksi, Juicy Luicy semakin mengukuhkan diri sebagai band pengusung lagu patah hati dengan formula pop R&B yang jitu dan ultra-catchy. Pertanyaannya: sampai kapan mereka akan menjual kisah patah hati kasihan dan rasa inferioritas …
Selat Malaka Resmi Mengeluarkan Album Penuh Perdana
Band asal Medan bernama Selat Malaka resmi mengeluarkan album penuh perdana self-titled hari Jumat (22/11). Sebelumnya, mereka sudah mengantongi satu single “Angin Melambai” yang beredar tahun lalu. View this post on Instagram …