Catatan 11 Kota Javakensi Tour The Dare

Jul 8, 2022

Awal Juli dan tak terasa berakhir sudah perjalanan tur dari The Dare yang bertajuk Javakensi Tour 2022, dengan sukses meninggalkan segudang kenangan dari para awak The Dare dan orang-orang yang datang di setiap titiknya. Javakensi Tour 2022 dimulai dari tanggal 3 Juni 2022 dan berakhir tepat di tanggal 28 Juni 2022, dibuka dengan satu letupan kecil di Tangerang yang kemudian menjalar ke Bekasi, Bogor, Jakarta, Bandung, Magelang, Semarang, Salatiga, Yogyakarta, Sukoharjo dan Surabaya. Total ada 12 venue yang dikunjungi dan semuanya menyisakan impresi dan pengalaman yang menyenangkan. Saya Timmy*) mewakili The Dare akan menuliskan oleh-oleh dari perjalanan tur ini untuk Pophariini. 

Dalam rangkaian tur kali ini ada 4 kota baru yang disinggahi untuk pertama kali yaitu Tangerang, Bekasi, Salatiga dan Sukoharjo. Uniknya crowd di keempat kota tersebut memberikan sambutan yang melebihi ekspektasi terhadap penampilan The Dare, sampai-sampai para personel The Dare segera meniatkan untuk dapat menggelar showcase kembali di kota-kota itu jika ada kesempatan kembali karena sangat terkesan dengan gelombang sambutan yang hangat layaknya seperti kawan lama.

“Di Sukoharjo kita satu-satunya band yang musiknya nggak keras kita, karena kita main di tengah-tengah band Punk, Hardcore pokoknya banyak deh yang genrenya keras, tapi mereka hafal dan appreciate sama semua lagu-lagu kita dan nge-blend semua, gila,” ucap Yollan.

In general Javakensi Tour 2022 ini benar-benar berlangsung diluar prakiraan dan mimpi mereka. Hampir semuanya dilakukan secara swadaya, mulai dari persiapan awal mengontak jejaring teman-teman The Dare di masing-masing kota, promosi sampai dengan eksekusi. Tur kali ini dimulai dengan niat baik yang menggebu namun dibayangi pendanaan yang terbatas bahkan sampai beberapa hari menjelang kick-off tur, sesuatu yang sudah menjadi kekhasan untuk band-band seperti The Dare. Akan tetapi berkat dorongan dan dukungan teman-teman The Dare melalui pembelian merch baik via PO maupun langsung booth venue, tur kali ini akhirnya bisa berjalan lancar dari awal sampai akhir.

“Yang penting merch dan kaset habis boss, si Timmy nggak pusing dah,” kata Riri. Seraya menambahkan Yollan berujar dengan banyolan, “Besok kalo setiap titik tour harus siapin mainan gelembung aja boss biar anak saya nggak rewel.”

Dibandingkan dengan rangkaian tur Gelombang Cinta 2018-2019, untuk Javakensi Tour 2022 ini surprisingly lebih banyak menyorot perhatian khalayak. Mereka semua datang bernyanyi, bergoyang, melompat dan melepas rindu dengan lagu-lagu dari The Dare. Di tiap titik tour rata-rata 180-250 teman-teman datang dan bersenang-senang dengan teriakan dan koor dari sahabat perempuan di bagian depan dan lelaki urakan nan teratur di garda belakang. Hal ini sesuai dengan misi yang dibawa oleh The Dare dalam rangkaian tour kali ini yaitu “Dare To Fight Sexual Assault in Concert” demi mewujudkan suasana pertunjukan yang aman, nyaman dan intim tanpa ada keresahan dari penonton, terutama penonton perempuan. 

“Intinya buat penonton perempuan di kota manapun kalian agar jangan takut buat datang ke gigs kita, karena bakalan dipastikan semuanya dalam keadaan aman dan nyaman juga, banyak juga yang bakalan jagain kita, yang penting kita datang semuanya janji harus senang yah,” ucap Meiga.

Mengomentari sambutan yang didapat dalam setiap gigs dalam tur ini, personel The Dare pun nggak menyangka apresiasi crowd yang begitu besar.

“Nggak nyangka banget sih bakalan yang datang seramai ini. Sampai nggak bisa berkata-kata rasanya deh,” kata Desita sambil tersenyum berbinar-binar membetulkan kacamatanya. “Penonton yang datang seru banget, sing-a-longnya kenceng banget, padahal EP ke-2 belum ada di digital platform loh, tapi udah pada hafal semua,” ucap Meiga menimpali dengan nada menggebu-gebu.

Dalam tiap momen yang berkesan tersebut slogan dari Minutemen “Our band could be your life” nampak seperti terhampar nyata di depan mata. Terharu.

Selain berkat dari usaha mandiri melalui penjualan merch dan rilisan fisik, Javakensi Tour 2022 ini tidak akan bisa terlaksana tanpa bantuan teman-teman kolektif sepulau Jawa yang bergerak untuk merealisasikan tour ini, dan juga kepada para penggerak acara yang sangat membantu dengan memberikan bantuan kepada The Dare. Di tengah keterbatasan acara yang berjalan tanpa sponsor, mereka tetap berusaha memberikan apresiasi selayak mungkin untuk The Dare.

“Ini jatuhnya banyak lah, mereka juga ngasi band-band yang lain juga kok. Salam hormat dan salut untuk teman-teman kolektif,” ujar saya selaku manajer The Dare.

“Kita nggak pernah bilang kalo Javakensi Tour 2022 ini adalah sebuah tur mandiri dengan semuanya dari A-Z dilakukan sendiri, tapi kita bergerak bareng bersama bantuan teman-teman sepulau Jawa yang sangat membantu kami dalam melancarkan tour ini, panjang umur persaudaraan,” ucap Meiga.

Lewat tulisan ini, mereka juga berterima kasih sebesar-besarnya untuk beberapa kolektif yang sudah mendukung mereka, dari Substansi, Kedubes Bekasi, Halaman Belakang, Palmhouse Records, Freak Gigs, Lisdia Records, Kolektif Kuda, Subversif, Anti Cut, Cherrypop, Darsa Kolektif dan Rockin Surabaya.

Sampai berjumpa kembali di tur kami selanjutnya, semoga kalian sehat semua. Kami The Dare berterima kasih sebesar-besarnya. See you in the next voyage!

*) Timmy adalah manajer dari The Dare.


 

3 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
wildanaufal
wildanaufal
1 year ago

Kerennnn!

Joko
Joko
1 year ago

Sundrik

Santiago
Santiago
1 year ago

Jos Gandhos !!!

Eksplor konten lain Pophariini

5 Kuliner Pilihan Nadhif Basalamah

Penyanyi solo Nadhif Basalamah yang makin dikenal lewat “penjaga hati” mengunjungi Mad Haus untuk mempromosikan single “tiba-tiba jum’at lagi” bulan Februari lalu yang tayang dalam video Bertemuhariini.    Berbicara soal menyanyikan lagu bernuansa pop …

5 Lagu Naif Pilihan Franki Indrasmoro

Akhir Februari lalu, Franki Indrasmoro atau Pepeng resmi merilis single perdana untuk proyek musik solonya. Karya bertajuk “Ceriakan Dunia” tersebut merupakan pembuka untuk beberapa single yang bakal berujung album penuh di akhir tahun ini. …