Danilla, Rara Sekar dan Sandrayati Fay Berkolaborasi Buat Daramuda

1409

 

Banyak hal yang bisa dilakukan anak muda dalam rangka merayakan hari sumpahPemuda. Salah satunya adalah merilis sebuah proyek kolaborasi dari tiga pemudi Indonesia ini. Tiga penyanyi/penulis lagu perempuan, Rara Sekar dari Bandaneira, Sandrayati Fay dan Danilla Riyadi membuat proyek kolaborasi video bersama dalam payung bernama Daramuda.

Bertiga mereka membuat kompilasi video dari karya-karya mereka yang direkam secara live. Menariknya, semua proses rekamannya sendiri dilakukan di alam terbuka dengan sistem live recording. Di sini ketiga musisi ini bekerjasama dengan Secco Guitar, produsen gitar yang menyediakan gitar akustik khusus untuk rekaman ini.

Karena rekamannya di alam terbuka, maka di lagu yang akan dirilis oleh Daramuda ini para pendengar akan dimanjakan dengan ambience-ambience alam seperti suara burung, ombak, angin, air terjun dan suara alam lainnya.

“Di sini kami ingin mencoba sesuatu yang baru yang mungkin belum pernah kami lakukan sebelumnya.” ungkap mereka.  

Enam materi lagu dirampungkannya, enam lagu yang dibuat oleh masing-masing musisi ini direkam di tiga tempat yang berbeda. Sesi Sandrayati Fay bertempat di Bali, Danilla Riyadi di Yogyakarta dan Rara Sekar di Madura.

Secara berkala, mereka akan merilis video dari masing-masing musisi yang materi lagunya sendiri dibuat khusus untuk Daramuda yang artinya materi baru yang belum mereka bawakan sebelumnya. Salah satu video akan dirilis di sejak Jumat (27/10) kemarin yang bertajuk “Suara Dunia” yang dinyanyikan oleh Sandrayati Fay.

Lagu ini terinspirasi oleh masyarakat adat Mollo di Nusa Tenggara Timur. Mereka percaya bahwa mereka harus sangat bisa menjaga bumi ini dengan baik. Masyarakat adat Mollo melawan para penambang marmer selama tiga belas tahun untuk melindungi tanah mereka supaya tetap lestari.

Mama Aleta adalah salah satu tetua yang memimpin gerakan tersebut, sosok yang kuat untuk pemberdayaan perempuan dan seseorang yang telah secara penuh memberikan inspirasi terhadap Sandrayati Fay dalam pembuatan lagu ini. Untuk tahu lebih banyak tentang proyek musik Daramuda ini silakan update di instagram mereka di @daramudaproject.

____