Dari Ini Kisah Tiga Dara, Tatyana Akman Mantapkan Karier Solo

Aug 11, 2022

Model, aktris sekaligus penyanyi kelahiran Jakarta, Tatyana Akman sedang menyiapkan perilisan materi musik terbaru untuk melanjutkan karier solonya.

Karier bermusik Tatyana sendiri dimulai saat ia membintangi film drama musikal Ini Kisah Tiga Dara yang disutradarai Nia Dinata enam tahun lalu. Di film ini, Tatyana berperan sebagai Bebe, guru Bahasa Inggris Sekolah Dasar di daerah Sika, Maumere, Flores.

Tak hanya menunjukkan kebolehan berakting, Tatyana ikut mengisi soundtrack film tersebut dengan menyumbangkan suara untuk lagu “The Beginning”, “Pasar Geliting”, “Vowel Song”, “Matriarch”, dan berjudul sama dengan film “Tiga Dara”.

“Aku struggling banget untuk menyanyi di project film musikal ini karena aku enggak pernah berani mengeluarkan suara aku di depan orang lain, not even my friends. Pertama kali aku nyanyi di depan orang itu adalah untuk casting film ini. Jadi, ini merupakan pengalaman pertama yang sangat challenging. Tapi, aku bersyukur karena ini jadi awal aku terjun ke dunia musik,” kata Tatyana kepada Pophariini (10/08).

Tatyana Akman di Konser 60 Tahun Tiga Dara, 2016. / Dok: Raka Dewangkara.

Di antara lima lagu yang ia bawakan, Tatyana mengaku “Tiga Dara” adalah lagu favoritnya karena ia bangga bisa ikut menyanyikan kembali lagu legendaris di dunia perfilman Indonesia ini.

Mengingat soal awal ketertarikan Tatyana terhadap musik. Sejak kecil ia sudah bercita-cita menjadi seorang penyanyi. Di mana sepupu-sepupunya selalu menyetel tayangan MTV di rumah.

I was basically raised by music videos and pop culture tahun 90 akhir dan 2000 awal,” ungkapnya.

Di luar musik, Tatyana memulai perjalanan menjadi model dan aktris ketika ia masih berusia 20 tahun. Hingga saat ini ia masih menjalaninya keduanya dengan santai ditambah karier barunya sebagai seorang musisi.

Single berjudul “Sad Today” yang rilis tahun 2018 merupakan jejak awal karier solonya. Tatyana mulai tau apa yang ia inginkan dan bisa menuangkan ide serta point of view dirinya untuk pertama kali ke dalam bentuk lirik dan musik, yaitu melalui perilisan single tersebut.

“Sebagai seorang introvert rasanya sangat fulfilling bisa mengajak orang masuk ke dalam duniaku tanpa aku harus menjelaskan satu persatu,” jelas Tatyana.

 

Tak berhenti di satu single, akhirnya Tatyana kembali bergerak tahun ini. Ia mengaku, single yang tengah dipersiapkan itu bakal menunjukkan dirinya yang sudah lebih dewasa. Sosok yang bisa melihat segala sesuatu dengan lebih santai.

Ia pengin karier bermusiknya fokus ke bentuk yang fun dan creative collaborations, “Kesombongan masa mudaku yang sudah rontok aku harap juga bisa membawa perasaan-perasaan baru yang lebih personal dan vulnerable”.

Tema yang diangkat untuk single barunya kisah tentang kontemplasi perasaan pribadinya dan juga sebagai homage kepada Tatyana kecil yang sudah memiliki keinginan besar menjadi penyanyi.

Single kedua ini membawa nuansa seperti lagu tahun 1990 – 2000an yang diberi judul “Cool”, bernaung di bawah label musik Darlin’ Records. Ia berkolaborasi dengan Samo Rafael dan Tofan Iskandar dalam penggarapannya. Dua musisi yang juga berkontribusi di single Tatyana yang sebelumnya.

“Mereka dua teman yang sudah aku anggap seperti keluarga sendiri. Senang rasanya bisa mengerjakan lagu yang personal dengan orang-orang yang kenal banget sama aku. Semoga keseruan waktu mengerjakannya bisa terdengar di lagunya nanti,” tutup Tatyana.

Tatyana terus melangkah memberikan kejutan yang layak diperhitungkan.


 

Penulis
Pohan
Suka kamu, ngopi, motret, ngetik, dan hari semakin tua bagi jiwa yang sepi.
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Eksplor konten lain Pophariini

Satine Zaneta – Tentang Waktu (EP)

Sebagai sebuah EP debut, Satine Zaneta menyanyikan lima nomor di dalamnya dengan sederhana dan juga tampak puas dengan mencurahkan ragam perasaannya.

Samo Bangkit Lagi dengan Maxi Single Circles

Di rilisan ini, Samo mengemasnya ke sebuah format maxi single berjudul Circles yang bernaung di bawah label rekaman Darlin’ Records.