Discord: Menembus Batas Bersama Komunitas (Musik)

Dec 1, 2022
Discord Musik

Di era arus informasi yang bisa datang kapan saja dan dari mana saja dengan begitu cepat, kita terkadang malah jadi kesulitan memilah dan memilih informasi yang jelas juga bernas. Informasi yang dicari kadang terlewat begitu saja tanpa sempat kita ketahui. Jejaring informasi komunitas jadi jalan lain untuk mencari juga berbagi tentang informasi terbaru. Salah satu media yang bisa dan biasa digunakan oleh komunitas adalah Discord.

Dikutip dari penjelasannya di Play Store, Discord memperkenalkan diri mereka sebagai tempat di mana kamu bisa membuat ‘rumah’ untuk komunitas bersama teman-temanmu. Tempat untuk tetap dekat dan bersenang-senang bersama teman melalui obrolan teks, suara, juga video. Discord memudahkan untuk terus berinteraksi dan bertukar informasi antar-anggota komunitasnya.

Dalam Discord komunitas bisa membagi topik juga minat ke dalam sebuah server dalam server tersebut ada “ruang khusus” atau channel untuk membahas tema bahasan tertentu. Anggota komunitas diberi kebebasan untuk masuk ke dalam channel yang mereka mau lalu berinteraksi satu sama lain di dalamnya, jika dirasa tidak sesuai dengan minat atau informasi yang dicari anggota komunitas bisa melewatinya begitu saja tanpa ada keharusan mengikuti semua channel yang ada. Kebebasan untuk memilah dan memilih.

Dikutip dari penjelasannya di Play Store, Discord memperkenalkan diri mereka sebagai tempat di mana kamu bisa membuat ‘rumah’ untuk komunitas bersama teman-temanmu

Di Indonesia sendiri, pengguna Discord terbesar masih ada pada tema dan komunitas gamer. Untuk server Discord yang berhubungan dengan musik secara jumlah bisa dibilang jumlahnya masih jauh lebih sedikit. Musik berbeda dengan game di mana gamer perlu interaksi intens dengan gamer lainnya, sedangkan pendengar musik belum sampai di tahap perlu berinteraksi intens dengan pendengar musik lainnya. Musik secara umum dan luas mungkin didengarkan tiap hari tetapi dengan lebih mengedepankan pengalaman personal individu.

Spesifik tentang Discord musik, beberapa media daring, event musik, juga musisi sudah ada yang memulai dengan membuat server Discord-nya sendiri dengan tujuan membangun kedekatan dengan followers yang sudah lebih dulu mengikuti mereka di media sosial lain.

Di Indonesia sendiri, pengguna Discord terbesar masih ada pada tema dan komunitas gamer. Untuk server Discord yang berhubungan dengan musik secara jumlah bisa dibilang jumlahnya masih jauh lebih sedikit

Namun, cara ini belum ampuh untuk membangun komunitas yang cair. Interaksi antar-anggota belum berjalan organik, secara umum semua hanya berjalan statis dengan komunikasi secara satu arah dari ‘pemilik’ server Discord kepada anggotanya. Anggota lain juga merespons dengan minim, tidak ada interaksi yang intens. Discord hanya menjadi newsletter dalam bentuk lain atau sekadar menjadi alat broadcast informasi. Discord bisa lebih dari itu, sebenarnya.

Berbeda halnya dengan server Discord yang berawal dari komunitas atau kesamaan minat semisal tentang musik, interaksi organik juga intens antar-anggota begitu mengalir. Pertukaran informasi begitu cepat, dari berbagi kabar tentang acara musik terdekat, konser band & musisi baik dalam maupun luar negeri, hingga mencari teman ngonser atau nongkrong bareng. Rasa kebersamaan lebih terasa di akun Discord yang berawal dari komunitas atau kesamaan minat ini. Sebuah ramuan jitu yang harus coba diikuti oleh media daring, event musik, ataupun musisi yang ingin mencoba ‘terjun’ ke dunia Discord.

Beberapa contoh akun Discord tentang musik di Indonesia yang berawal dari kesamaan minat kemudian terbentuk menjadi sebuah komunitas. Seperti Indomusikgram, Merunggu, IsyanaSarasvati, juga JoinDong.

Indomusikgram berawal dari sebuah akun di Instagram dengan nama sama yang sudah eksis dari tahun 2014 dengan jumlah followers Instagram saat ini menyentuh angka 2 juta followers. Indomusikgram menggunakan Discord sebagai media awal bagi seorang atau sekelompok musisi yang ingin cover musik atau lagu original milik sendiri dipromosikan di akun Instagram Indomusikgram.

Beberapa contoh akun Discord tentang musik di Indonesia yang berawal dari kesamaan minat kemudian terbentuk menjadi sebuah komunitas. Seperti Indomusikgram, Merunggu, IsyanaSarasvati, juga JoinDong

Followers diarahkan untuk gabung ke dalam server Discord, lalu mengunggah link karya atau konten — bisa berupa link dari Instagram, Tiktok, YouTube, atau Spotify — di sana, kemudian tim Indomusikgram akan mengkurasi karya atau konten yang sudah dibagikan tersebut, setelah itu Indomusikgram akan membagikannya di akun Instagram mereka.

Mengutip keterangan dari Server Indomusikgram, server ini dibuat untuk para musisi, content creator, ataupun penikmat musik. Indomusikgram ‘menjamin’ di server mereka kamu akan mendapatkan teman baru untuk berbincang-bincang, hangout, juga main game bersama. Di sana semua member bisa berdiskusi dan berkolaborasi sesama musisi atau dengan member lainnya yang memiliki minat yang sama di bidang musik.

Member bisa mengambil role sesuai dengan kondisi, minat, dan bakat yang dimiliki misalnya apakah kamu musisi dan/atau penikmat musik, alat musik apa saja yang bisa kamu mainkan, dan dari daerah mana kamu berasal. Role tersebut menjadi alat bantu untuk berinteraksi di server Indomusikgram. Saat ini server Discord Indomusikgram memiliki 4.784 member.

Kemudian ada Merunggu yang menyebut server Discord mereka sebagai server-nya band rock pulang ngantor asal Jabodetabek yang merujuk band yang tengah naik daun bernama Perunggu.

Server ini baru dibuat kurang lebih sebulan yang lalu di bulan Oktober 2022 dengan ide besar untuk mencari teman bareng untuk menonton Perunggu di beragam event. Di server ini akan mendapatkan jadwal terbaru Perunggu, berbagi foto dan video saat Perunggu beraksi di atas panggung, berbagi rekomendasi lagu, film, dan buku, mencari teman satu frekuensi sesuai dengan domisili yang tersebar dari Jabodetabek, Bandung, Yogyakarta, Semarang, Surabaya, Malang, Bali, Makassar dan kota-kota lainnya, hingga bermain game bersama. Saat ini server Discord Merunggu memiliki 1.120 member.

Kemudian ada Merunggu yang menyebut server Discord mereka sebagai server-nya band rock pulang ngantor asal Jabodetabek yang merujuk band yang tengah naik daun bernama Perunggu

Kemudian ada server Discord “milik” Isyana Sarasvati dengan nama IsyanaSarasvati. Isyana memiliki followers sejumlah 11,3 juta orang di Instagram, 290,6 ribu orang di Twitter, dan 1,1 juta orang di YouTube. Jumlah yang sangat besar untuk membentuk komunitas yang loyal. Terbukti di server Discord ini Isyana — yang terkenal suka bereksplorasi — melakukan terobosan dengan mengenalkan dan membuat project NFT pertamanya dengan nama my Mystery NFT Genesis Collection yang merupakan turunan dari single Isyana dengan judul sama my Mystery. Lalu bagaikan kacang goreng NFT Isyana laris manis hingga habis tak bersisa, para pemilik NFT diberikan berbagai privilege, manfaat dan keuntungan spesial yang sudah Isyana dan tim siapkan salah satunya undian untuk mendapatkan tiket gratis ke Joyland Festival kemarin.

Di server Discord ini Isyana — yang terkenal suka bereksplorasi — melakukan terobosan dengan mengenalkan dan membuat project NFT pertamanya dengan nama my Mystery NFT Genesis Collection yang merupakan turunan dari single Isyana dengan judul sama my Mystery

Selain tentang NFT server Discord IsyanaSarasvati ini menjadi media untuk membagikan jadwal manggung terbaru Isyana, berbicang dengan Isyanation yang lain (sebutan untuk fans Isyana), bertukar meme, juga bermain game bersama. Isyana dan tim sering mengadakan game dan event di server Discord IsyanaSarasvati ini bersama Isyanation tentunya, interaksi yang baik untuk membangun relasi antara musisi dengan para pendengarnya. Isyana juga sesekali hadir langsung untuk menyapa Isyanation. Saat ini server Discord IsyanaSarasvati memiliki 3.504 member.

Lalu ada juga JoinDong, sebuah komunitas yang kegiatannya terfokus untuk mewadahi anggotanya yang mencari teman nonton ke acara musik atau konser bersama. Teman ngonser bareng tepatnya.

JoinDong digagas oleh Randi sejak 15 Januari 2020 berawal dari kegelisahannya karena tidak adanya teman ngonser yang sefrekuensi yang bisa diajak ke acara musik bersama. JoinDong menemukan bentuk terbaiknya di Discord setelah sebelumnya mencoba Line Square juga Telegram.

Lalu ada juga JoinDong, sebuah komunitas yang kegiatannya terfokus untuk mewadahi anggotanya yang mencari teman nonton ke acara musik atau konser bersama. Teman ngonser bareng tepatnya

Siapa saja bisa bergabung dengan JoinDong tanpa syarat, cukup klik invitation link yang ada di akun Instagram JoinDong serta link yang biasa disebar di media sosial oleh anggota JoinDong yang sudah lebih dulu masuk menjadi anggota. Saat artikel ini dibuat ada sekitar 4.700 anggota Discord JoinDong yang aktif berinteraksi.

Tidak ada batasan pada genre atau acara musik tertentu, saat ini ada sekitar 25 server yang masuk ke dalam kategori acara musik lokal dan 20 server yang masuk ke dalam kategori acara musik internasional. Dari pop, rock, hingga metal mempunyai server-nya tersendiri. Lokasi acara musiknya pun tidak terbatas di Jakarta saja, event di Bandung, Bogor, hingga Yogyakarta pun juga ada. Anggota yang tertarik pada acara musik tertentu cukup masuk ke dalam serverkemudian membuat janji untuk bertemu di lokasi venue acara atau berangkat secara bersama-sama dari domisili yang sama.

Indomusikgram menggunakan Discord sebagai media awal bagi seorang atau sekelompok musisi yang ingin cover musik atau lagu original milik sendiri dipromosikan di akun Instagram Indomusikgram

Saat sudah di lokasi acara musik pun anggota yang hadir diberi kebebasan untuk menyaksikan penampilan dari band atau musisi yang sudah mereka tunggu, tidak ada paksaan untuk menonton band atau musisi tertentu terutama jikaacara musik tersebut berbentuk festival. Sesekali informasi dibagikan di dalam server Discord untuk menentukan titik kumpul bersama setelah anggota berpisah di dalam venue untuk mengabadikan momen mengambil foto bersama atau sekadar membeli makanan berbarengan sebelum akhirnya berpencar kembali.

Selain acara musik dan konser JoinDong juga memfasilitasi anggotanya yang mempunyai minat dalam hal kuliner, standup comedy, olahraga, literasi buku, film, skincare, meme, hingga hangout dalam sebuah server tersendiri. Semua bisa saling berinteraksi dan berbagi informasi tentang hal apapun di JoinDong. Apa yang lo mau dan cari semua ada di sini!

Discord menjelma menjadi alat bantu yang menjembatani komunitas yang memiliki minat, bakat, dan passion yang sama. Di Discord semua bisa berinteraksi satu sama lain melewati batas-batas geografis yang menghalangi. Discord menjelma menjadi ruang aman bagi para penggunanya. Jadi, kamu sudah punya akun Discord belum?

Penulis
Tantan Constantane
Bankir di tengah pekan yang banyak menghabiskan akhir pekan dengan musik, film, buku, dan fotografi. Meracau di akun Twitter @constantane
Subscribe
Notify of
guest
6 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
irfan ardi
irfan ardi
1 month ago

mantappp, kerenn si emg joindong 🔥🔥👏👏

Heruuu
Heruuu
1 month ago

sedikit orang yang tahu tentang app discord, mungkin karena discord tak semudah app group/komunikasi yang lain dari segi penggunaannya, dan gak mudah untuk mempelajari isi dan fitur di dalam discord. tapi apabila seseorang sudah paham penggunaan discord, discord sangat rekomended untuk sebuah komunitas membuat group komunikasi, karena di app discord terstruktur channel channel nya dan juga lebih terlihat rapi, serta di discord bia buat komunikasi/meeting/nobar antar member sebuah komunitas, seperti yang sering saya rasakan di komunitas Joindong(sebuah komunitas nyari teman buat konser, dll.), karena Joindong berkancah di app discord, saya gak bingung untuk mencari teman ngonser/festival

Last edited 1 month ago by Heruuu
Fauzi
Fauzi
1 month ago

keren ada join dong

gampang menang dan gacor
gampang menang dan gacor
24 days ago
David Walsen
David Walsen
17 days ago

Joiin Club di Indoclub

max win
max win
10 days ago

Eksplor konten lain Pophariini

Foreseen Rilis Album Perdana, Suspended Reality

Foreseen juga menampilkan dua kolaborator untuk mengisi beberapa bagian lagu, mereka adalah Gabriela Fernandez dan Endro Trilaksono.

Akhiri Masa Vakum, Sheila Anandara Rilis Single Terbaru

Terakhir merilis single “Kereta” dua tahun silam, kini Sheila Anandara kembali dengan tembang berjudul “Menunda Luka” yang dilepasnya hari ini (27/01).