Eksklusif: Syuting Video Musik Single Terbaru Indische Party

Nov 18, 2021

Pophariini belum lama ini mendapat kesempatan untuk mengintip proses syuting video musik single terbaru Indische Party berjudul “The Highest Stars”. Syuting berlangsung hanya dalam waktu semalam pada hari Minggu, 14 November 2021 di Studio Teras Belakang, Tangerang Selatan. 

Berbeda dari sebelumnya, kali ini video disutradarai Tika Pramesti yang tetap dibantu Japs Shadiq dalam membuat konsepnya. Video juga melibatkan Vera Lestafa sebagai kameraman, sosok yang pernah membantu Indische Party sebagai DOP untuk pembuatan video musik “No More”.

Tika dan Vera saat preview video. / Dok: Pohan.

Pengambilan gambar untuk video tidak memakai banyak tempat alias di satu ruangan saja. Kelima personel Indische Party termasuk Kubil, Jacobus dan Warman memerankan video musiknya langsung di antara cahaya lampu studio. Tak ada kesulitan dalam penggarapan mengingat semua personel band merupakan lulusan Fakultas Film & Televisi Institut Kesenian Jakarta.

Japs Shadiq tengah akting bernyanyi di depan kamera. / Dok: Pohan.

Kami pun menanyakan seputar konsep video kepada Japs. Ia mengaku, kalau melihat suasana syuting mungkin terlihat sederhana karena memang belum diproses ke tahap suntingan.

“Mungkin akan banyak eksplorasinya di editing sih, yang mana adalah bidang yang gue kuasai juga selain musik. Nanti hasilnya mungkin akan di luar dugaan dari syutingnya secara warna dan segala macam,” kata Japs kepada Pophariini.

Sementara kostum yang dipakai untuk syuting merupakan hasil dari pencarian Japra, Tika, dan Kubil di tempat langganan mereka. “Kalau dulu masih belum pada berkeluarga kita ke Pasar Baru bareng-bareng. Kalau sekarang kita bertiga saja,” ungkap Japra.

Warman sedang mengikuti arahan dari Tika selaku sutradara dan Vera sebagai kameraman. / Dok: Pohan.

Kostum yang dipakai para personel, antara lain jas, kemeja, celana bahan dengan mengusung nuansa vintage. Warna pilihannya gelap, elegan dan tidak ada yang mentereng. Seperti yang dipakai Japra baju berwarna merah tua.

Dalam video ini, Indische Party ingin menyorot kehadiran Warman sebagai gitaris tetap mereka sejak bergabung tahun 2018. Perbedaan antara video sebelumnya dan yang terbaru nanti. Di video musik single “Duka Akhir Kemarau”, mereka lebih mengedepankan storytelling. Kalau video single “The Highest Stars” yang mengutamakan visual.

Tika sedang bersiap untuk pengambilan video. / Dok: Pohan.

Lagu “The Highest Stars” disebut mewakili warna musik dari lagu-lagu mereka secara keseluruhan untuk album mendatang. Lagu ditulis oleh Japra berdasarkan pengalaman masa lalu yang dibuat menjadi cerita baru.

Kiri: Jacobus memakai setelan jas biru tua dan kacamata hitam sambil menggendong bassnya – Kanan: Japs Shadiq sedang memantau berjalannya syuting. / Dok: Pohan.

“‘Highest Stars’ sudah dibuat dari sekitar tahun 2017-2018. Cerita tentang orang yang enggak tobat-tobat. Maunya bandel terus tapi ketergantungan sama yang baik-baik,” jelas Japra.

Video musik yang digarap seperti berkesinambungan mengartikan lirik lagu mereka. Mengenai ‘Stars’ yang terdapat di judul lagunya, Japra pun mengatakan bahwa bintang-bintang yang dimaksud surreal.

“Jadi, kalau loe berdua sama seseorang terus fly high, itu ‘The Highest Stars’ ya substansinya mungkin terserah masing-masing preferensinya,” tutupnya.

Foto bersama sebelum Tika mendapat giliran untuk take video. / Dok: Pohan.


 

Penulis
Pohan
Suka kamu, ngopi, motret, ngetik, dan hari semakin tua bagi jiwa yang sepi.
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Eksplor konten lain Pophariini

Laidthis Nite Kembali dengan “It’s Gonna Be Alright”

Sembilan bulan setelah “LoveLight” diperdengarkan, Laidthis Nite kembali dengan single baru tentang hasrat dalam judul “It’s Gonna Be Alright” (12/11).

Menakar Hak Pencipta Lagu

Sebelum bicara hak pencipta lagu mari bicara soal ini. Sebagian besar musisi indie sudah mengerjakan apa yang umumnya label rekaman lakukan pada umumnya. Yaitu merekam lagunya melalui perangkat sendiri tanpa harus diberi modal besar …