293

Fakta 20 Tahun Album Debut Sheila On 7

Aminoto Kasim / dok.https://akmsindo.wordpress.com/faculty/
  • Meski “Anugerah Terindah….” pernah dituduh menjiplak “Father And Son” namun lagu milik Cat Stevens itu bukanlah referensi utama. “Justru aku ngambil vibe dari ‘Pictures Of You’-nya The Cure, dua chord dua chord yang ada progresi di bagian-bagian akhir,” terang Eross.
  • Judul “J.A.P” diakui Eross untuk menutupi lirik lagu yang menurutnya “Mosok beat lagunya begitu kok nggak pas sama lirik jadikanlah aku pacarmu,” kata Eross.

    Sheila on 7 dan Dian Sastro Saat Syuting Video JAP / dok. https://www.brilio.net
  • Mereka sebetulnya sempat merekam “Tunjuk Satu Bintang” dan “Tunggu Aku Di Jakarta” yang akhirnya ada di album kedua, Kisah Klasik Untuk Masa Depan”. “Karena sudah mepet mau mixing dan telinga juga sudah capek, aku gak percaya diri sama hasilnya dan diputuskan buat disimpan dulu,” kata Duta. Saat rekaman album kedua, Duta berkeinginan untuk merekam kembali bagian vokalnya. “Tapi ketika didengarkan kembali, saya tarik keinginan saya tadi. Ternyata hasilnya sudah oke.”
  • Rekaman track drum untuk lagu “Perhatikan, Rani!” dilakukan di Studio 21, Pluit, Jakarta Utara. Dalam sebuah wawancara, Anton yang saat itu masih menjadi drummer mengakui ada suara kendang conga yang ikut terekam. Padahal instrumen musik itu tidak dimainkan karena ditutup kain agar suaranya tidak bocor dan baru diketahui saat proses mixing.
  • Ada lima lagu yang dibuatkan videoklipnya. “Kalau band-band lain biasanya paling pol dua klip,” kata Adam. Masing-masing klip adalah “Kita”, “Dan…”, ‘Anugerah Terindah Yang Pernah Ku Miliki”, “J.A.P”, serta “Perhatikan, Rani!”. Video klip “Kita” yang menampilkan pemeran sinetron Lupus Millenia adalah video klip versi kedua. Versi pertamanya bahkan sampai hari ini tidak diketahui wujudnya seperti apa. “Kami sudah selesai syuting. Tiba-tiba entah bagaimana kesepakatan Sony dengan PH sinetron itu akhirnya kami syuting lagi,” kata Eross.
    Baca juga:  30 Tahun Raksasa God Bless
    /li>
  • Desain sampul album dikerjakan oleh Lesin yang menciptakan pose ikonik rambut kribo Achmad Albar di sampul album God Bless sampai menggarap sampul album Pandawa Lima milik Dewa 19. Pengambilan foto dilakukan oleh Hanggoro Romadhony di Bebeng, Kaliurang, Jogjakarta. Lokasi tadi sekarang sudah hancur terkena erupsi gunung Merapi tahun 2006 silam.
  •  

    Sampul album Dewa 19 -Pandawa Lima dan God Bless – S/T

     

    ____