Flavs, Festival untuk Fans Hip Hop, Soul dan R&B

87
segenap promotor dan perwakilan musisi yang akan bermain di Flavs festival (dok. @rizqaichaf)

Dua tahun yang lalu, Naughty by Nature manggung di Java Jazz Festival. Sebagian orang terheran-heran, kenapa trio hip hop asal Amrik ini masuk ke barisan lineup.

Padahal jika Google bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Mereka akan menemukan A Tribe Called Quest atau De La Soul yang mewakili jenis musik bernama jazz rap.

Kabar baik, tahun depan hip hop akan menjadi perbincangan di tempatnya sendiri lewat festival musik hip hop, soul, dan R&B bernama Flavs yang perdana akan digelar tanggal 4-5 April 2020 di Istora Senayan, Jakarta.

Foto bersama pembicara presscon (dok. @rizqaichaf)

Flavs sudah mengumumkan barisan fase pertamanya seperti Adrian Khalif, Dekat, Fade2Black, Gamaliel, Iwa K, Laze, MALIQ & D’Essentials, Mario Zwinkle, Matter Mos, Ras Muhammad, T-Five, dan Tuan Tigabelas.

Yacko, musisi hip hop juga selaku Program Director Flavs 2020 mengaku tantangan dari pelaksanaan festival ini antara lain memilih musisi-musisi dan elemen-elemennya karena ia sendiri merupakan pelaku di hip hop Indonesia.

Yacko selaku Program Director Flavs (dok. @rizqaichaf)

Untuk bisa menyenangkan semua pihak bukan hal yang mudah. Tantangan lainnya mengenai kuota. “Gue nggak bisa menghadirkan semua. Bahkan, mungkin beberapa nama besar nggak bisa gue hadirkan,” ungkap Yacko.

Yacko sangat berharap Flavs bisa menjadi rumah pertama, rumah kedua, dan seterusnya untuk para penggiat hip-hop, soul, dan R&B. Ia melihat hip hop di Indonesia pun regenerasinya sangat pesat saat ini.

Laze membacakan lineup Flavs (dok. @rizqaichaf)

“Banyak sekali yang mungkin banyak bergerilya di social media. Yang keren-keren musiknya. Pokoknya, talented banget deh. Tapi gue liat mereka mungkin belum dapat panggung besar dan penikmatnya tuh kadang mencar-mencar,” lanjut Yacko.

Flavs Festival sendiri menargetkan total 40 artis lokal dan 5 artis internasional. Penyelenggara Visicita Network dan Dyandra Promosindo berusaha untuk menghadirkan semua ‘style’ yang ada. Menurut Yacko, hip hop bukan cuma nge-rap karena ada soul dan R&B.

suasana jumpa pers Flavs Festival (dok. @rizqaichaf)

Hal menarik yang juga bakal disuguhkan Flavs dari sisi visual artistik. Penyelenggara mengajak Bujangan Urban selaku Art Director dan Tri Sasongko Santoso selaku Festival Technical Director.

Menjelang penyelenggaraan, Flavs siap menggelar roadshow di Jakarta, Bandung, Yogyakarta, dan Surabaya. Acara diisi Freestyle Session, B-Boy Battle dan Open Style Battle. Pemenangnya mendapat kesempatan unjuk gigi di Flavs.

_____