Frontman Sajama Cut Bikin Supergroup Bareng 12 Musisi

Dec 26, 2017

Kalau ada sebuah supergroup, mungkin grup yang dibuat oleh frontman band indierock Sajama Cut, Marcel Thee ini adalah supergroup dengan anggota paling terbanyak. Bernama The Knife Club, inilah supergroup yang melibatkan musisi-musisi yang sedang jadi perhatian di scene independen Jakarta. Baru-baru ini mereka merilis album bertajuk Affliction.

Sebagai inisiator, Marcel melihat ini sebagai kolektif yang formatnya cair. Kalau boleh dibandingkan, ini seperti Broken Social Scene, band indie rock Kanada yang melibatkan banyak musisi dimana masing-masing memang sudah punya band atau proyek solo. “Contohnya lumayan sesuai. Tapi kolaboratornya gue fokus ke band leaders – jadinya vokalis/ leader di bandnya masing-masing. Gue rasa orang-orang itu pasti punya banyak ide dan semangat yang mungkin gak ketampung di band mereka,”ungkap Marcel.

Mencari sesuatu yang exciting, yang belum pernah dilakukan sebelumnya jadi motif utama Marcel di proyek ini. “Untuk kolaborasi, levelnya gak ada yang se-“dalam” ini. Di sini gue bisa saling bertukar pikiran secara mendalam dengan musisi-musisi, mayoritas yang “muda”, dengan semangat dan keunikan mereka. “ungkapnya.

Ada 12 musisi yang diajak terlibat di The Knife Club. Pertama adalah Baldi Calvianca (Strange Fruit) – rekan inisiator Marcel membentuk ide-ide awalnya. Kemudian ada Andi Hans Sabarudin (C’mon Lennon, Seaside, Pandai Besi), Haikal Azizi (Bin Idris, Sigmun), Billy Saleh (Polka Wars), Jodi Setiawan (Peonies), Asad Gibran (Kaveh Kanes), Hendy Yudhistira (Morsecode), Much Rifqi (Moiss), Theo Nugraha, Ricardo Taufano (Secret Meadow), Dylan Amario (Logic Lost) dan Ababil Ashari (Shorthand Phonetics).

Bagi yang penasaran mendengar seperti apa proyek keroyokan ini, Silakan cari Affliction dalam format cakram padat di toko-toko musik independen di Jakarta dan kota-kota besar lainnya.

 

____

Penulis
David Silvianus
Mahasiswa tehnik nuklir; fans berat Big Star, Sayur Oyong dan Liem Swie King. Bercita-cita menulis buku tentang budi daya suplir

Eksplor konten lain Pophariini

Bersiap Album Baru, Figura Renata Hadirkan Single Tuan Kelana

Sejak Februari 2024 Figura Renata mengeluarkan satu per satu single dengan tema dan pesan yang beragam, dimulai dari “Menyerah Pada Dunia”, “Dan, Jika …”, “Ayah Ibu”, “Sangkar”, hingga “Ada Yang Harus Dimenangkan”. Perilisan kelima …

Arash Buana Rilis Single Friends Menuju Album Baru

Setelah mengeluarkan single “i really do love her <3” bulan Februari 2024, Arash Buana melanjutkan perjalanannya menuju album baru dengan merilis single bertajuk “friends” hari Jumat (19/04).  Melukiskan fase umum yang terjadi dalam kehidupan …