14645

Hebat di Panggung, Cakap di Layar: 5 Musisi yang Bisa Akting

“Bermusik adalah berakting dan mereka yang ada di dalamnya adalah aktor”

Jika tidak, siapa yang harus disalahkan jika ada lagu yang bisa bikin kita sedih tak karuan? Perasaanya mungkin akan sama seperti scene cinta klasik ketika Cinta harus berpisah dengan Rangga di airport.

Meski kenyataannya musisi adalah aktor yang memainkan telinga dan perasaaan kita dengan melodi, lagu, suara dan lirik mereka. Namun sepanjang perjalanan sejarah musik tanah air, ada sebagian kecil nama musisi yang tak hanya hebat di panggung dan di rekaman, namun juga cakap di layar lebar. Berbekal suara dan aksi “panggung” mereka ternyata mampu menarik sutradara sehingga wajah mereka sering muncul bukan di sampul album, melainkan di poster film.

Siapa saja mereka? Ini 5 terbaik di antaranya

 

Baca juga:  Kampungan Versus Gedongan: Bagaimana Selera Musik Kelas Menengah di Indonesia Terbentuk?

Shanty Paredes

Foto: dok. shantyparedes (Instagram)

Mengawali karier sebagai model video klip ME “Inikah Cinta” kemudian ia maju ke depan sebagai penyanyi. Lalu ia merambah pula ke seni peran. Filmografinya seimbang dengan diskografi musiknya. Salah satu akting paling polnya adalah sebagai Siti, seorang istri ketiga dari supir film yang lesbian di film Berbagi Suami.

Winky Wiryawan

Foto: dok. winkywiryawan912 (Instagram)

Menjadi raja di balik deck turntable atau CDJ, kiprah layar lebarnya juga rata-rata tak mengecewakan. Dari awal kemunculannya di film Jelangkung, Winky telah mencuri perhatian. Belum lagi sederet film-filmnya mulai Mengejar Matahari, Janji Joni, Ruang, Berbagi Suami sampai 6:30, sepertinya Winky punya energi yang berlebih di film ketimbang musik.

Benyamin Sueb

Baca juga:  Setelah Rilis Teaser Film Gundala, Joko Anwar Umumkan Shootingnya Selesai
Foto: dok. berita360.com

Seniman betawi ini bak hidup di dua dunia, sangat sulit membedakan apakah dia sebagai musisi atau bintang film. Keduanya punya porsi yang sama. Ibaratnya kerennya album Apollo sama dahsyatnya dengan aktingnya di Hippies Lokal atau Tiga Janggo, nggak ade duenya!

Bing Slamet

Foto: dok. merdeka.com

Adalah dosa besar jika tak menyebut musisi legenda yang satu ini dalam soalan musisi yang cakap berakting. Lebih dulu berkarier ketimbang Benyamin, Bing dan Bang Ben sama-sama pengocok perut dengan aktingnya yang jenaka (coba lihat duet cantik mereka di Ambisi).

Fedi Nuril

Foto: dok. MD Pictures

Sulit membedakan apakah seorang Fedi Nuril tengah berakting atau ia memang benar-benar bisa bermain gitar dan mengomposisi musik di atas panggung ketika melihat film Garasi. Kenyataannya, film ini memang bercerita tentang band bentukannya yang telah merilis satu album bertajuk sama. Sayang, aktor tampan ini lebih digilai atas aktingnya di layar lebar ketimbang sebagai musisi.

 

Baca juga:  Benyamin S: Seniman Kelas Satu!

____