73

Hukum Rimba ala SoftAnimal

Bayu Adisapoetra aka SoftAnimal / dok. SoftAnimal

SoftAnimal, moniker dari Bayu Adisapoetra yang adalah drummer Elephant Kind ini baru saja merilis single terbarunya bertajuk “Hukum Rimba” pada Rabu (11/09) kemarin.

Setelah sebelumnya sukses merilis EP yang berjudul Nanook pada 2018 lalu, SoftAnimal kembali merilis single baru yang berjudul “Hukum Rimba” dibawa label Cubs Club Entertainment. Lewat siaran pers yang diterima PHI, Bayu menjelaskan bahwa lagu ini tercipta setelah kejadian kehilangan satu personil Elephant Kind.

“Lagu ini saya tulis pada akhir tahun 2018, ketika pada saat itu saya baru saja kehilangan satu personil Elephant Kind, saya cukup sedih karena pada saat itu kita sedang menuju jalan yang sangat baik. Namun, saya ingin membuat satu lagu yang memberikan semangat dan pesan positif, kalau pada akhirnya semua akan baik – baik saja, oleh karena itu saya langsung menulis lagu ini,” ujar Bayu.

Baca juga:  Ada Apa Dengan Reality Club?

Elemen folk, rock, dengan balutan notasi nuansa India yang cukup kental dalam lagu
ini membuat “Hukum Rimba” memiliki suara yang berbeda dari karya-karya SoftAnimal sebelumnya jika dilihat dari segi musikalitas.

Dalam pembuatannya, Bayu bekerjasama dengan Wisnu Ikhsantama (produser .Feast, Hindia, Reality Club) yang ditunjuknya sebagai produser, dan mastering engineer. Bayu pun mengajak serta musisi-musisi muda handal seperti Panji Singgih, Natasha Udu, Geraldo Oryza dan Ahmad Fadhil dalam proses rekaman lagu ini.

Dalam video liriknya sendiri, Bayu bekerjasama dengan Bagoes Tersna Adji sebagai Director of Photography dan Ganindra Rai sebagai Visual Artist yang sebelumnya telah bekerjasama di Elephant Kind.

Frekuensi lirik dan pesan positif dalam “Hukum Rimba” ini menurut Bayu bisa ditularkan kepada pendengarnya yang butuh diangkat.

“Semoga lagu ini bisa menjadi teman ketika sedang patah semangat karena dipecat dari kantor, lelah karena harus bangun setiap pagi demi mengejar kereta agar tidak terlambat sampai ke kampus, atau tidak punya semangat karena lelah menjalani skripsi yang tidak ada habisnya.. Hey.. tenang saja.. walau banyak rintangan yang menerjang, pastikan kita kan selalu bersama.” tutup Bayu.

Baca juga:  Eksistensi Padi Reborn Lewat Indera Keenam

Video lirik “Hukum Rimba” sudah dapat dinikmati di IGTV @iamsoftanimal pada Rabu, 11 September 2019. Singlenya sendiri telah beredar di kanal-kanal musik digital.

View this post on Instagram

Besar mendengarkan musik rock, kadang ketika mengalami hari yang cukup sulit, cukup mendengarkan satu lagu tersebut, dan membuat hari saya menjadi lebih baik. Sama halnya dengan lagu ini, ditulis pada pertengahan tahun 2018, dimana saat itu saya sedang mengalami fase yang cukup sulit karena harus kehilangan salah satu personil di Elephant Kind, namun saya ingin menulis satu lagu yang mempunyai semangat, dan bisa memberikan energi positif kepada kami untuk tetap maju apapun yang terjadi. Dibantu oleh musisi – musisi hebat seperti @wisn_ikhsantama @geraldoryza @natasha.udu @panjisingg @_ahmadfadhil, tidak lupa DOP handal @bagoestresna dan Visual Artist kesayangan @ganidrarai yang membuat lagu ini menjadi salah satu karya yang cukup saya banggakan. Semoga lagu ini bisa menjadi teman ketika sedang patah semangat karena dipecat dari kantor, lelah karena harus bangun setiap pagi demi mengejar kereta agar tidak terlambat sampai ke kampus, atau tidak punya semangat karena lelah menjalani skripsi yang tidak ada habisnya.. Hey.. tenang saja.. walau banyak rintangan yang menerjang, pastikan kita kan selalu bersama.. 🙂 Selamat menikmati!

A post shared by @ iamsoftanimal on

______