Idgitaf Sukses Menggelar Pertunjukan Mengudara bersama Teman Tuli

May 9, 2024

Idgitaf atau akrab disapa Gita menggelar sebuah pertunjukan spesial dalam tajuk Mengudara bersama Teman Tuli untuk mempresentasikan album penuh perdananya hari Minggu (05/05) di Sunyi Coffee, Jakarta Selatan.

Setelah menjalani tur Mengudara di 3 kota, Gita kali ini berbagi pengalaman pribadinya tentang keterbatasan pendengaran bersama komunitas Teman Tuli.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Gita (@idgitaf)

 

“Aku terlahir dalam kondisi daun telinga kanan yang tidak sempurna. Semenjak aku tahu bahwa kelainan itu dinamakan Microtia, aku tergerak untuk memberi penghiburan untuk orang-orang yang punya kasus lebih berat daripada aku, yaitu komunitas Tuli. Hal ini aku lakukan berbarengan dengan niatku untuk membuat projek sosial melalui bernyanyi di tahun ini,” kata Gita dalam siaran pers.

Bukan tanpa alasan memilih Sunyi Coffee sebagai kolaborator. Selain melibatkan Teman Tuli sebagai peracik kopi (barista) dan juru masak dalam menjalani usahanya, Sunyi Coffee juga membangun komunitas Sunyi Academy yang memfasilitasi beragam pelatihan untuk teman difabel ataupun beragam teman yang ingin mempelajari bahasa isyarat.

Dalam pertunjukan “Mengudara Bersama Teman Tuli”, Gita menyajikan pertunjukan
yang inklusi dengan memberikan usaha terbaiknya bernyanyi dan berkomunikasi dengan
mempergunakan bahasa isyarat yang ia pelajari bersama komunitas Sunyi Academy.

Sebanyak 100 orang Teman Tuli hadir dan menyertakan Teman Tuli lainnya sebagai bagian dari pertunjukan dan kepanitiaan acara.

Tak hanya Gita yang tampil menghibur, namun juga ada Teman Tuli maupun Teman Dengar yang akrab dengan komunitas tersebut tampil menunjukkan keahlian mereka, antara lain Adelia dari Pop Joy Sign yang membawakan puisi, pertunjukan teater oleh Teater 7, pertunjukan tari dari Dhea Seto dan penampilan visual vernacular oleh Pop Joy Sign.

Sebanyak 6 lagu yang dibawakan hari itu lengkap dengan bahasa isyarat. Gita sendiri memang mempelajari bahasa isyarat selama belasan hari sebelum hari pertunjukan hingga penampilannya terasa begitu hangat.

“Harapannya, semoga ini jadi langkah baik untuk keberlanjutannya promosi albumku, yaitu ‘Mengudara’, dan semoga bisa menjadi permulaan untuk adanya konser yang dilakukan musisi Indonesia spesial untuk Teman Tuli,” tutup Gita penuh harap.

 

Penulis
Javyerist Xavioly Fryzas
Cita-cita jadi guru musik.
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Eksplor konten lain Pophariini

Band Pop Punk Bulukumba, Filthy Muck Beri Motivasi di Single Baru

Band pop punk asal Bulukumba, Sulawesi Selatan, Filthy Muck merilis single ke-2 tahun ini dalam tajuk “Dreams and Fantasies” hari Kamis (23/05). Di bulan Februari lalu, mereka merilis sebuah lagu kolaborasi bersama ENKO1995 berjudul …

Wawancara Arswandaru ALI: Tur Eropa dan Permintaan Global

“Kami berusaha untuk tidak ‘yang penting main aja di luar negeri’, tanpa mendiskreditkan venue mana pun di luar negeri,” ujar Arswandaru, basis ALI.