Iwan Fals – Sandrayati Fay Hadirkan Kolaborasi Psikedelik dalam “16/01”

Jul 31, 2021

Setelah berkolaborasi dengan Syarikat Idola Remaja, Iwan Fals kali ini menggaet Sandrayati Fay untuk berkolaborasi dalam judul “16/01”. Lagu berdurasi kurang dari 8 menit ini bercerita tentang berbagai hal yang tercipta berdasarkan cinta.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Virgiawan Listanto (@iwanfals)

Dalam siaran pers, dirinya mengatakan bahwa lagu dibuat pada tanggal 16 November 2020 sampai 01 Juni 2021. Perjalanan tak sebentar itu pun dijadikan judul, 16 tanggal pembuatan dan 01 tahap akhirnya.

“Beberapa kali dirubah judul, awalnya 1618 dari 16 November 2020 sampai selesai 18 November 2020. Kemudian menjadi 1610, sampai berapa kali ulang, akhirnya menjadi 1601,” kata Iwan Fals.

Iwan Fals mengenal Sandra di tahun 2016. Ia mengaku, kolaborasi ini terjadi atas campur tangan anak keduanya, Cikal. “Dia (Cikal) merasa lagu ini cocok dibawakan dengan Sandra. Saya pun merasa cocok,” ungkapnya.

Sang legenda mengagumi Sandra karena menurutnya Sandra luar biasa, komunikatif, perhatian terhadap alam dan orang lain, keseimbangan, serta hal-hal yang positif ada pada dirinya. 

“Sandra sangat menghayati, ketenangan batin, dan dia suka yoga. Untuk Sandra yang sedang di negeri sana (Islandia), terus semangat. Semoga lagu ini bisa menghangatkanmu yang sedang kedinginan disana dan tetap menjaga tali silaturahmi,” ungkapnya.

Sandra pun merasa terharu sudah diajak bekerja sama dalam lagu “16/07”. Ia menganggap lagu ini sangat relevan dengan sikon yang semua orang alami di masa pandemi.

“Senang sekali bisa ikut untuk mengkomunikasikan pesan tentang terus pegangan ke cinta kasih ini ke orang banyak. Iwan Fals selalu punya hati yang besar dan berani untuk ngomong ke luar,” kata Sandra.

Sandra juga selalu terinspirasi dengan perspektif Iwan Fals tentang hidup dan ia merasa beruntung bisa nyanyi bersama sang legenda sambil merayakan kehidupan. “Secara khusus, aku sangat bersyukur bahwa Iwan Fals dan keluarganya percaya banget sama musik saya dan membantu perkembangan karirku sampai sekarang,” jelasnya.

Lagu “16/01” memiliki pesan setiap orang perlu mengisi waktu dengan produktif. Persoalan apapun yang dihadapi, seperti masalah adu domba. Diibaratkan sebenarnya bukan domba yang diadu melainkan pikiran masing-masing.

Untuk penggarapan lagu, Iwan Fals melibatkan nama-nama seperti Lafa Pratomo, Raya Rambu Rabbani, Yuyi Trirachma, Otta Tarrega, Budi Sumanto, Ayub Suparman, Firmansyah, Syaiful Ramadlan, Isha Hening, Eko Sakti, dan Aldi Nada Permana di Ruang Waktu Music.


 

Penulis
Pohan
Suka kamu, ngopi, motret, ngetik, dan hari semakin tua bagi jiwa yang sepi.
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Eksplor konten lain Pophariini

Liputan & Foto: Tur Senyawa Ke Utara Jawa

Yose Riandi mendapat kesempatan ikut dalam rombongan tur Senyawa selama 5 hari mulai 12 – 16 November. Tulisan dan foto-foto ini adalah sarana berbagi ceritanya.

Hadiah dari Semiotika di Awal Tahun

Album perdana Semiotika, Ruang (2015) dan mini album Gelombang Darat (2018) kini sudah bisa didengarkan di berbagai platform streaming musik yang tersedia.