J4NO Meramu Catatan Audio dari Keseharian Jadi Karya GEMETAR

Jun 28, 2024

Vokalis Det-Plag Lust asal Bogor, Cycojano resmi merilis 2 maxi-single terbaru untuk proyek musik solo bernama J4NO. Dua maxi-single tersebut terbagi menjadi GEMETAR (21/06) dan GEMETAR 2 (28/06) yang dilepas melalui kanal Bandcamp

 

Maxi-single GEMETAR dan GEMETAR 2 menghadirkan total 4 lagu bertajuk “AHLI NUJUM”, “KELAK KELUK”, “MELARAH”, dan “CALAK PUAKA”.

Dalam sesi wawancara bersama Pophariini yang dilakukan via WhatsApp (25/06), Jano menjelaskan bahwa ini merupakan proyek bunyi-bunyian yang sangat personal dibandingkan karya-karya sebelumnya, dengan benang merah musik elektronik.

Lagu-lagu di maxi-single GEMETAR dan GEMETAR 2 merupakan kumpulan suara yang direkam Jano menggunakan handphone saat ia melakukan keseharian jalan kaki ke tempat kerja. Hasilnya dirasa bisa menjadi semacam audio diary sang musisi.

“Setelah dengerin semuanya ternyata banyak suara yang sering kita dengerin gitu, yang kalau dikombinasiin ternyata lucu juga. Jadi, saya mulai mengolah semua kumpulan suaranya menjadi sebuah cerita,” kata Jano.

Saat ditanya mengenai siapa saja yang terlibat dalam penggarapan maxi-single GEMETAR dan GEMETAR 2, Jano mengerjakan semua mater sendiri. Ia mengaku banyak dibantu kecanggihan teknologi saja, yaitu gadget, perangkat keras serta lunak, dan juga rasa cinta yang dimiliki saat menggarap karya ini.

Mengaku tidak memiliki beban untuk mencuri perhatian pendengar, Jano hanya ingin semuanya berjalan secara organik. Ia juga sempat memaparkan rencana ke depan untuk proyek J4NO ini. 

“Mungkin bulan depan mau rilis album penuh kali ya. Judulnya apa, nanti dipikirin dulu,” pungkasnya.

 

Penulis
Gerald Manuel
Hobi musik, hobi nulis, tapi tetap melankolis.
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Eksplor konten lain Pophariini

5 Musisi Indonesia Favorit Bambang Pamungkas

Pophariini berkesempatan untuk melakukan peliputan Prambanan Jazz tanggal 5-7 Juli lalu di Candi Prambanan, Jawa Tengah. Salah satu yang menarik perhatian kami saat itu melihat legenda penyerang Timnas Indonesia Bambang Pamungkas (Bepe) bersama keluarganya …

5 Pertunjukan yang Wajib Ditonton di We The Fest 2024

We The Fest akan berlangsung beberapa jam lagi. Festival garapan Ismaya Live ini menghadirkan sejumlah musisi lokal maupun internasional selama tanggal 19-21 Juli 2024 di GBK – Sports Complex, Jakarta Pusat.    View this …