Jangar Sentil Para Adidaya di Single Terbaru Artileri

Jul 3, 2023

Sepanjang tahun 2022 Jangar cukup aktif manggung, namun sepi materi baru. Kini mereka memutuskan kembali dengan single berjudul “Artileri” hari Jumat (30/06). Peluncuran lagu ini menjadi pembuka album mini terbaru Malang yang dijadwalkan beredar bulan Agustus 2023 mendatang. 

Tema yang diangkat Jangar untuk lagu “Artileri” masih konsisten menyanyikan isu sosial politik yang memang kerap mereka bawakan di materi-materi sebelumnya. Band kali ini menyuarakan tentang kekuatan adidaya yang mengerahkan segala cara untuk menguasai berbagai sumber vital.

“Segala cara menjadi halal dengan latar belakang yang selalu sama, menengahi konflik atau memerangi terorisme. Lalu, pada akhirnya mereka yang ‘dibantu’ akan hancur dengan sendirinya,” kata Pasek Darmawaysya, pemain drum Jangar dalam siaran pers.

Proses rekaman lagu “Artileri” berlangsung di Indra Lesmana Space, Gianyar, Bali. Pemilihan ruang terbuka sebagai tempat rekaman berangkat dari keinginan para personel Jangar untuk melakukan metode berbeda dengan tidak menggunakan studio konvensional.

Pasek bercerita, awalnya ia bersama rekan-rekan band cukup kaget dengan keberadaan Indra Lesmana Space di pelosok kabupaten Gianyar. Menurut Pasek, suasana alam di sana mampu menciptakan suasana baru selama proses penggarapan “Artileri”.

“Karena kami percaya, visual dan kondisi tempat rekaman pengaruhnya juga besar terhadap hasil akhir lagu yang akan direkam, makanya kami sisakan 20% untuk dikulik di tempat,” ungkap Pasek.

 

Pengerjaan lagu “Artileri” juga melibatkan beberapa pihak, seperti Kusuma Widhiana sebagai mixing engineer dan Gerard Rumintjap sebagai mastering engineer. Sedangkan penggarapan cover art, Jangar mendaulat seniman visual bernama Fyzagon dan vokalis dari Satu Per Empat, Bismo Triastirtoaji.

Tepat satu hari setelah perilisan lagu “Artileri” di semua layanan streaming musik, video liriknya sudah bisa disaksikan melalui kanal YouTube Jangar Official. Video tersebut digarap oleh Alif Maulana, atau yang biasa dikenal dengan nama Azeten. Tonton langsung di bawah ini.


 

Penulis
Gerald Manuel
Hobi musik, hobi nulis, tapi tetap melankolis.
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Eksplor konten lain Pophariini

5 Alasan MALIQ & D’Essentials Enggak Bubar

Menyambut perilisan album baru MALIQ & D’Essentials, Can Machines Fall In Love? tanggal 30 Mei 2024, kami menemui mereka di sela-sela waktu latihan hari Selasa (21/05) di studio Mad Haus.   View this post …

Pudar Lanjutkan Karier Bermusik dengan Merilis 3 Single Sekaligus

Setelah terinspirasi Weezer untuk single “Satuperdua” yang meluncur tahun lalu, kini Pudar langsung merilis 3 single sekaligus dengan memakai nama band sebagai judulnya. Di antara judul-judulnya seperti “Buatlah Kelam Terdiam”, “Dalam Pertanda”, dan “Ruang …