22

Joyland Festival 2019, Merayakan Kesenian Dengan Level Yang Seru

Setelah sempat absen beberapa tahun, Joyland Festival 2019 hadir kembali dengan membawa line-up baru yang lengkap. Acara yang nantinya akan digelar di Lapangan Panahan, Gelora Bung Karno pada 7-8 Desember 2019 ini membawa 3 nama untuk menjadi kurator. Efek Rumah Kaca, Soleh Solihun, dan juga Anggun Priambodo.

Masing-maisng ditunjuk menjadi kurator di bidang musik, stand up comedy, dan juga film. Keberadaan tiga nama yang sudah dikenal luas reputasinya itu, membawa jaminan mutu untuk kualitas menu yang akan disediakan sepanjang dua hari nantinya.

“Kami percaya pada kemampuan tiga nama itu untuk merancang sebuah program yang ramah untuk semua orang yang akan datang sepanjang dua hari penyelenggaraan Joyland Festival tahun ini. Festival ini untuk semua jenis orang, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Buat kami, kebahagiaan yang dikandung Joyland Festival, perlu untuk dirasakan segala macam orang,” ujar Ferry Dermawan selaku program director Joyland Festival.

Baca juga:  Beli Merchandise, Gratis Nonton Idola

Sejumlah nama seperti Sir Dandy, Jirapah, Made Mawut, Puti Chitara, Duara, Bayangan, Mad Mad Men, Mondo Gascaro dengan Rien Djamain & Oele Pattiselano, Poem Modulation (Yoshi Fe, Firzi O, Ratri N, Rieke S). Seluruh nama yang disebutkan ini, erat hubungannya dengan Efek Rumah Kaca dan tercatat pernah bermain di Kios Ojo Keos, ruang publik yang dikelola oleh band ini.

Cholil Mahmud dari band Efek Rumah Kaca, mengonfirmasi ini lewat alasan singkat yang ia utarakan, “Setelah selama 1,5 tahun aktif mengadakan Showkeos (di Kios Ojo Keos), kami merasa perlu menghighlight beberapa penampil yang sangat kami suka, agar karya mereka semakin teramplifikasi. Dan semoga kita, sepulang dari Joyland Festival, playlistnya makin yahud.”

Baca juga:  Seringai Umumkan Tur Jepang!

Sementara Soleh Solihun, akan membawa gerbong stand-up comedy untuk mengajak orang tertawa di sudut khusus yang diberi nama Shrooms Garden. Dari mereka yang telah memastikan diri ambil bagian, ada nama-nama seperti Yusril Ihza Fahriza, Oki Rengga, Ali Akbar, Awwe, Aci Resti, Kiky Saputri, Eka Kuota dan Nury Zhafira.

Soleh menjelaskan, “Nanti akan ada stand-up comedian dengan berbagai macam karakter dan latar belakang yang unik dan berbeda. Ada yang mantan kiper PSMS, mantan guru, sampe mantan presiden (untuk komunitas Stand-up Comedy Indonesia).”

Sementara seniman sekaligus sineas Anggun Priambodo bertanggung jawab untuk Cinerillaz, area yang akan menayangkan sejumlah film pendek yang intim. Ada banyak film yang akan diputar nantinya. Dan semua punya jam pemutaran yang bisa menjadi jeda dan intensitas musik yang bermain.

Baca juga:  Pesta Ceritera, Malam Apresiasi dari Hivi!

“Gue janji penonton akan bisa menikmati film pendek fiksi, dokumenter, eksperimental dan animasi terkini yang diproduksi dua tahun terakhir oleh sineas dan seniman Indonesia,” papar Anggun tentang materi yang akan ia presentasikan untuk orang banyak sepanjang festival.

Selain tiga kolaborator ini, Joyland Festival 2019 juga telah memastikan sejumlah line up internasional yang akan naik panggung. Menarik, karena banyak dari mereka punya pendengar khusus yang telah menantikan nama-nama ini mampir ke Jakarta. Di antaranya adalah Hatchie (Australia), Frankie Cosmos (Amerika Serikat), Yves Tumor (Amerika Serikat), Washed Out (Amerika Serikat), Tops (Kanada) dan Anna of the North (Norwegia).

 

____