Kabar Terbaru Ananda Badudu

55
Ananda Badudu / dok. Secco Guitars

Ananda Badudu, wartawan/musisi yang sebelumnya menggalang dana untuk mahasiswa akhirnya dinyatakan bebas murni pagi ini, dan kini statusnya menjadi saksi. Sebelumnya Ananda yang melakukan penggalangan dana untuk mahasiswa yang berdemo ini dijemput polisi untuk diperiksa dan dimintai keterangan pada Jumat, 27 September 2019 pukul 04.34 dini hari.

Sebelumnya pagi ini berita penangkapan Ananda oleh polisi ini langsung menyebar di sosial media Twitter dan Instagram. Tidak sedikit orang yang mengecam penjemputan Ananda tersebut, para musisi tanah air bersama-sama membagikan tagar #BebaskanAnandaBadudu di media sosial. Rara Sekar, rekan bermusiknya di Banda Neira pun sempat membagikan kronologi penjemputan Ananda Badudu melalui akun Instagramnya.

https://www.instagram.com/p/B25dGZUhamT/

Pada pukul 10.24, Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Masyarakat melalui akun twitternya @LBHMasyarakat membagikan kabar bahwa Ananda Badudu sudah bebas murni dan tidak dinyatakan sebagai tersangka. Kabarnya, Ananda Badudu diminta keterangan karena keterlibatannya menggalang dana untuk aksi mahasiswa 23-24 September 2019. Padahal, dalam website kitabisa.com Ananda memberikan penjelasan bahwa penggalangan dana hanya dilakukan untuk kebutuhan logistik maupun medis mahasiswa.

Dari keterangan langsung Rara Sekar kepada Pop Hari Ini, pada sore ini Ananda Badudu sudah bersama keluarganya. Dijemput di kantor Amnesty International Indonesia pada siang tadi dan kini kondisi Andanda sedang beristirahat karena kesehatannya tidak begitu baik. Rara Sekar juga menyampaikan terima kasih kepada semua orang yang sudah turut mendukung Ananda Badudu untuk dibebaskan.

Bandaneira: Ananda Badudu dan Rara Sekar / Foto: Tempo. Dian Triyuli Handoko

____