189

Kerusuhan yang Manis di Reuni JKT: SKRG

Stage Diving is not a crime: Alvin Teenage Death Star / foto: Pohan

Layaknya pesta reuni manapun sudah pasti menyenangkan, dalam kasus Thursday Kicks yang digelar Kamis, (11/7) di di Beer Garden, SCBD kemarin adalah line-up-nya. Yes, acara ini terasa spesial karena  menghadirkan band serta musisi yang mengisi album kompilasi klasik JKT: SKRG, mereka adalah The Brandals, Teenage Death Star dan The Upstairs.

Bagi pembaca yang belum mengenal kompilasi JKT: SKRG. Kompilasi yang dirilis Aksara Records ini menampilkan band-band yang berpengaruh di skena musik Indonesia hari ini, dari The Brandals, Teenaga Death Star, The Sastro, The Upstairs, Seringai dan masih banyak lagi.

Menurut cerita, dari sejak album ini dirilis tahun 2004, belum pernah ada perhelatan khusus seperti launching atau apapun yang dibuat berkenaan dengan kompilasi ini. Itu mengapa hajatan Thursday Kicks ini begitu penting karena tiga band tersebut adalah alumnus dari kompilasi JKT: SKRG.

Pop Hari Ini sampai jam 6 malam ketika hajatan ini dibuka oleh Ritchie Ned Hansel (gitaris The Sastro) yang mewakili The Sastro DJ Set. Aksinya didampingi Aleantipony (Saleh Husein – White Shoes and The Couples Company) memutar beberapa lagu dari The Sastro, Cherry Bombshell, Morrissey, dan rumahsakit.

Baca juga:  Musisi Diskusi Santuy #ReformasiDikorupsi

The Brandals membuka panggung malam itu, dan pengunjung makin bertambah saja. Di bibir panggung sampai beberapa baris ke belakang penuh dengan penonton yang berkeringat seiring dengan nyanyian lagu-lagu yang dilontarkan Eka. Malam itu mereka menyumbangkan lagu-lagu di album JKT: SKRG, seperti “Ain’t Nobody’s Bitch”. Eka menutup setlist dengan “24:00 Lewat (Lagu Luna)”. Oiya, mereka juga sempat meng cover lagu “Aku Cinta J.A.K.A.R.T.A” dari C’Mon Lennon.

Band kedua yang meramaikan acara, The Upstairs. Meski kostum panggung Jimi sedang tak nyentrik, mungkin terbawa hobi bersepedanya, namun The Upstairs mampu membuat penonton berdansa resah.

Malam itu, The Upstairs membawakan lagu “Amatir”, “Dansa Akhir Pekan”, dan tentu “Alexander Graham Bell” dari album Ku Nobatkan Jadi Fantasi. Lagu yang juga bertengger di kompilasi JKT: SKRG. Sebelum membawakan “Semburat Silang Warna”, Jimi membocorkan Upstairs sedang mempersiapkan single baru.

Baca juga:  Sundancer, Rock Garasi Lombok Siap Obrak-Abrik Jakarta

Teenage Death Star yang mendapat giliran terakhir benar-benar sukses ‘memecahkan’ suasana. Rasanya tak bosan melihat perangai Duo Sir Dandy – Alvin dalam membuat panas crowd malam itu. Sir Dandy bernyanyi berguling-guling di atas panggung, ia juga sempat membagi-bagikan duit kertas Rp 2.000 kepada penonton. Sementara Alvin harus mendapat ‘hadiah’ dari stage dive-nya malam itu berupa cedera tangan ringan.

Malam itu, Teenage Death Star yang memang jarang manggung ini memainkan dua lagu yang mereka sumbangkan di JKT: SKRG, “I’ve Got Johnny in My Head” dan “I Kiss Your Sister in the Kitchen” selain dari lagu-lagu lain di debut album mereka. Lagu-lagu mereka, berhasil membuat Jimi, Pandu bahkan Soleh Solihun loncat ke di area moshing.

Gig belum berakhir, sambil mengusap keringat yang terus mengucur, kami menikmati persembahan Lawless YouTube Squad yang dikomandoi Arian 13 dari Seringai. Kabarnya, reuni JKT: SKRG akan berlanjut mengingat band lainnya seperti C’mon Lennon, Sajama Cut, Sore, The Adams, Seringai, Zeke and The Pop, The Sastro, dan Ruanghampa juga perlu mengambil jatah nostalgia.

Baca juga:  Luise 'Lu' Najib, Si Cantik yang Misterius

Wah semoga reuni selanjutnya bakal kejadian!

 

_____