Kolaborasi The Brandals x Agan Harahap

160
The Brandals. Foto: dok. The Brandals

Lama menghilang selama hampir 7 tahun, The Brandals unit rock brandalan ibukota berkolaborasi dengan seniman Agan Harahap dalam karya terbarunya. Bertepatan dengan peringatan hari ulang tahun ke-17 tanggal 22 Desember 2018, The Brandals merilis singel dan video musik “Retorika” yang merupakan upaya perdana Agan mengerjakan video musik komersil.

Agan Harahap sendiri sudah dikenal sebagai seniman visual digital dengan keahlian memanipulasi foto dan gambar. Sebagai seniman ia juga kerap jahil merespon isu-isu sosial politik di negeri ini dengan rajin melepas karya manipulasi fotonya beredar di internet sebagai bagian eksperimennya dalam berkarya. Tidak heran bila ia menjadi salah satu seniman yang paling dibicarakan saat ini baik di dunia politik, sosial, seni rupa dan dunia kreatif.

Agan Harahap dan James Hetfield dari Metallica / dok. Agan Harahap.

Video musik “Retorika” ini juga merupakan penyanjian imaji yang disajikan murni interpretasinya terhadap konten lirik lagu tanpa ada instruksi spesifik atau intervensi dari pihak band. Dalam pengerjaan videonya Agan dibantu oleh Thobie Buntaran sebagai kameramen, menjadikan video musik ini sebuah kolaborasi yang saling melengkapi.

Dikutip dari siaran persnya lagu “Retorika” sendiri bernarasi tentang kisruhnya polemik kondisi sosio-politik Indonesia beberapa tahun belakangan ini. Didominasi oleh propaganda elit politik berkedok doktrin agama yang mengadu domba berbagai kalangan masyarakat lewat media on line. Argumen yang diumbar terdengar seperti teori retorika yang diulang tanpa nalar dan akal sehat.

Lagu “Retorika” yang diproduksi secara independen – baik finansal dan teknis – oleh The Brandals sendiri ini dibantu proses mixing-nya oleh Atas Musik (Jonathan Mono & Petra Sihombing) dan di mastering oleh Moko Aguswan dari Shoemaker Studio. Lagu ini rencananya merupakan bagian dari materi album baru yang akan dirilis tahun 2019.

Saat ini lagu “Retorika” sudah tersedia di seluruh akun streaming musik digital seperti Spotify, Apple Music, Joox, Deezer dll. Untuk video musiknya bisa disimak di bawah ini

 

____