Kuda Liar Berbicara tentang Single Baru dan Skena Musik Balikpapan

May 23, 2024

Band rock and roll asal Balikpapan dengan nama Kuda Liar resmi meluncurkan single kedua berjudul “Harapan Bersama” hari Minggu (19/05). Perilisan materi anyar ini mengikuti single perdana “Taman Bermain” yang beredar 2 bulan sebelumnya.

 

Kuda Liar beranggotakan Ahmad Syarief (vokal), Aldy Irdianta (gitar), Rio Nicholas Saputra (gitar), Muhammad Iqbal (bas), dan Rifqi Ardy Aksana (drum).

Lagu “Harapan Bersama” bercerita tentang sebuah cinta murni tak bersyarat yang melepaskan kemelekatan sehingga tidak ada ego untuk saling memiliki satu sama lain, layaknya kasih Tuhan kepada umatnya yang selalu berlimpah tak terbatas.

Saat ditanya mengenai pengerjaan single “Harapan Bersama”, Aldy mengatakan pengerjaan sempat terhambat karena kesibukan sang pemain bas, Iqbal. Meski begitu, lagu yang dibuat dengan ide dasar dari Arif sebagai vokalis ini akhirnya bisa dieksekusi dan rilis.

Menilik kondisi skena musik Balikpapan, Kuda Liar memercayai sang manajer, Donny Indra Pratama untuk menyampaikan cerita dari kota asal mereka. Menurut Donny, musisi di sana kerap bermain di acara pernikahan hingga kafe dan sudah mulai bisa menghidupi diri dari musik.

“Sedikit demi sedikit akhirnya mulai ada perlawanan dari bawah tanah. Beragam gigs pun mulai berkembang. Setiap bulan selalu ada gigs dari berbagai macam kolektif dengan menampilkan ragam musisi yang belum pernah membawakan genre tertentu dan jarang dieksplor, bahkan sampai gimmick live performance juga digarap semakin serius. Hal ini tentunya karena penikmat musik di Balikpapan sudah mulai teredukasi, sehingga setiap ada warna baru selalu disambut dengan antusias,” ujarnya via WhatsApp (23/05).

Donny juga memberikan rekomendasi band dan musisi asal Balikpapan yang layak didengarkan. Ia menunjuk Creve, Ouverte!, Antidosist, JUSTICIA, dan masih banyak lagi.

“Yang menyenangkan dari semua itu adalah tidak pernah ada terjadi gesekan antar band atau kelompok kolektif. Semua saling rangkul dan saling support, bahkan bertukar ide dan gagasan kreatif untuk menjadikan ekosistem musik arus samping di Balikpapan saat ini adalah yang terbaik yang pernah ada,” pungkas Donny.

 

Penulis
Gerald Manuel
Hobi musik, hobi nulis, tapi tetap melankolis.
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Eksplor konten lain Pophariini

Afgan Merilis Karya yang Paling Personal Berjudul Sonder

Selang empat bulan dari perilisan single “Shallow Water”, Afgan akhirnya melepas album berbahasa Inggris kedua berjudul Sonder tanggal 21 Juni lalu sesuai yang direncanakan. Album mini tersebut menampilkan total 5 lagu dengan trek fokus …

Gagasan Perayaan Risky Summerbee & The Honeythief di Single Carnivalesque

Berjarak 2 bulan dari perilisan “Perennial”, Risky Summerbee & The Honeythief kembali lagi membawa yang terbaru dalam tajuk “Carnivalesque” hari Jumat (14/06).   Rizky Sasono yang menuliskan lirik lagu ini dengan mengangkat tema perayaan …