Kumpulan Lagu Indonesia Bertema Maaf

Apr 30, 2023

Tak terasa momen Lebaran yang selalu dipakai untuk saling bermaafan sudah lewat seminggu. Usai kembali dari libur yang panjang, suasana bermaaf-maafan masih berlangsung hingga kini.

Dalam catatan, tak sedikit musisi yang pernah mengeluarkan lagu bertema maaf. Ada yang menggunakan kata maaf langsung di judul, ada pula yang menyelipkan permohonan di liriknya.

Kebanyakan lagu maaf yang dirilis oleh mereka bercerita tentang percintaan atau kehidupan secara umum. Kami coba mengumpulkan 10 lagu bertema maaf yang bisa disimak di bawah ini.


Maafkan – Slank

Slank mengeluarkan lagu “Maafkan” untuk album Suit… Suit… He… He… (Gadis Sexy) di tahun 1990. Lagu ini dapat dikatakan paling banyak didengarkan ketimbang 9 nomor lainnya.  

Lirik maaf: “Maafkanlah aku. Acuhkan dirimu. Waktu pertama kali tersenyum padaku. Maafkanlah aku. Jejali dirimu dengan segala kisah sumpah serapahku.” 

 

Seperti Yang Kau Minta – Chrisye 

Lagu “Seperti Yang Kau Minta” pertama kali rilis dalam album berjudul Dekade di tahun 2002 dan masuk daftar album Greatest Hits Chrisye In Memoriam.  Sebelumnya, Chrisye  juga punya lagu bertema maaf dalam judul “Maafkanlah”.

Lirik maaf: “Ampuni aku yang telah memasuki kehidupan kalian. Mencoba mencari celah dalam hatimu.”

 

Maafkan (Tak Sempurna) – Ecoutez

Ecoutez menghadirkan lagu “Maafkan (Tak Sempurna)” untuk album penuh kedua mereka berjudul ​​POSITIVe di tahun 2008. Album ini juga menampilkan lagu hit mereka berjudul “Are You Really The One”.

Lirik maaf: “Maafkan aku yang tak sempurna. Sampai kapan pun itu aku tetap begini. Ku hanya ingin tuk selalu menjadi yang terbaik untukmu.”

 

Maaf Aku Terlalu Mencintainya – Kerispatih

Kerispatih sering menggunakan kata maaf di lagu-lagunya. Sebut saja “Maafkan Aku”, “Aku Harus Jujur”, dan “Demi Cinta” yang diawali dengan maaf. Mereka juga menyebut kata maaf di lagu dari album Tak Lekang Oleh Waktu ini.

Lirik maaf: “Maafkan, maafkan aku sungguh. Ku tak punya daya untuk mendua. Tuk khianati cinta miliknya.”

 

Maaf Dari Surga – Element

Album Paradoks yang menampilkan lagu “Maaf Dari Surga” ini cukup sukses bagi karier Element. Kesuksesan yang mereka raih juga merupakan hasil dari dua lagu andalan lainnya seperti “Cinta Sejati” dan “Rahasia Hati”.

Lirik maaf: “Maafkan bila aku tiada lagi di sisi. Kita terpisah ruang dan waktu. Tetaplah jalani mimpi walau tak bersamaku. Bahagiamu damaikan jiwaku.”

 

I’m Sorry Good Bye – Krisdayanti

Krisdayanti masih menunjukkan eksistensinya sebagai diva sampai hari ini. Balik ke tahun 2007, ia pernah mengeluarkan lagu bertema maaf di album yang diproduseri oleh Melly Goeslaw dan Anto Hoed dalam judul “I’m Sorry Good Bye”.

Lirik maaf: “Maafkan ku harus pergi. Ku tak suka dengan ini. Aku tak bodoh. Seperti kekasihmu yang lain.”

 

Maaf Susah Dengar Kata Maaf – Kahitna

Dari sekian lagu bertema cinta yang pernah dirilis oleh Kahitna, dapat dikatakan ini satu-satunya judul yang menyertakan kata maaf. Lagu berada di daftar album mereka yang berjudul Rahasia Cinta.

Lirik maaf: “Berulang kali engkau lukai. Berulang kali kau buat kesalahan yang sama. Meski hatiku masih menyimpan cinta kepadamu. Maaf, susah dengar kata maaf.”

 

Maafkan – Andre Hehanussa

Memang tak seterkenal “KKEB”, “Bidadari”, atau “Kuta Bali”. Namun, lagu pembuka untuk album The Best Of Andre Hehanussa ini maknanya cukup dalam untuk saling bermaafan.

Lirik maaf: “Maafkan diriku. Bila selalu menyalahkan kamu kekasihku. Kuharap masih ada kata-kata maaf untukku.”

 

Tak Ingin Pisah Lagi – Marion Jola, Rizky Febian

Marion Jola berduet dengan Rizky Febian membawakan lagu ciptaan Laleilmanino. Lagu ini seperti perenungan dalam memperbaiki hubungan percintaan yang tak ingin begitu saja usai.

Lirik maaf: “Maaf bila sempat kau kecewa kepadaku. Perih yang kita rasakan. Kini mendewasakan hati.”

 

Aku Minta Maaf – Nosstress

Melihat kesembilan daftar di atas, lagu “Aku Minta Maaf” milik Nosstress ini terbilang yang paling baru karena rilisnya bersamaan dengan album Bertumbuh Bersama di bulan April 2023.

Lirik maaf: “Maaf, aku minta maaf. Maaf, mungkin aku enggak sadar. Maaf, sungguh minta maaf. Maaf, semoga tak ulangi lagi.”

 

Silakan komentar di bawah ya kalau ada lagu tentang maaf yang menurut kamu lebih berkesan.


 

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Eksplor konten lain Pophariini

Pudar Terinspirasi Weezer di Single Satuperdua

Usai menandai kemunculan dengan single “Hilang Sementara” Oktober lalu, band rock asal Bandung, Pudar melanjutkan perjalanan dengan yang terbaru dalam judul “Satuperdua” (01/12). Sama seperti single sebelumnya, Pudar mengambil inspirasi dari band seperti Manic …

Single Dreams tentang Mister Nobody Memaknakan Mimpi

Setelah mengisi Westwew Compilation bulan Desember tahun lalu, Mister Nobody melanjutkan karier solonya dengan melepas single “Dreams” hari Jumat (01/12). Musisi asal Soasio, Galela, Maluku Utara ini memaknai mimpi sebagai sebuah perjalanan panjang lewat …