Kuntari (Tesla Manaf) Berkolaborasi Dengan Convert dan Rilis Video

• Sep 18, 2019

Tesla Manaf yang kini dikenal dengan nama panggung, Kuntari baru saja mengunggah sebuah video musik live perfomance pada 15 September 2019. Uniknya, dalam video musik live ini ia menggandeng @convert.id untuk berkolaborasi secara visual dan menghasilkan instalasi lightning yang hasilnya memukau.

Ide untuk membuat video musik yang dikemas dengan visual yang memanjakan mata ini berawal dari kunjungan Tesla ke Jerman pada tahun 2018 silam. Pada saat itu, ia mendatangi sebuah festival yang diadakan di sebuah kastil besar dimana terdapat sebuah venue musik yang berada di bawah tanah sedalam 20 meter. Melalui dinding ruang yang asar disertai oleh gema natural selama 10 detik, ia melihat instalasi audio visual dari seniman asal Prancis, Pierce Warnecke yaitu komposisi 20 menit dengan 6 lampu hybrid yang mampu bergerak sendiri. 

Kekaguman Tesla membuatnya berani untuk mengajak Convert untuk berkolabrorasi. Pertemuan Tesla dengan Convert pertama kali terjadi saat band elektronik Bottlesmoker mengadakan showcase di Bandung, saat band tersebut menggaet Convert untuk berkolaborasi di bidang visual. Dari pertemuan itu, Tesla mengajak Convert untuk membuat video musik yang berlokasi di IFI Bandung. Alasan pemilihan lokasi tersebut dikarenakan ruangan di IFI Bandung bisa menjadi gelap total atau pitch black. Sehingga cocok dengan visual yang akan dibuat oleh Tesla dan Convert. 

Kuntari saat persiapan / Foto: Mia Sjahir

Foto: Mia Sjahir

Kuntari dengan pemain trumpet Bruri Effendi / Foto: Mia Sjahir

Pengaturan lampu dan laser yang dilakukan oleh Convert memakan waktu 9-12 jam untuk mendapatkan hasil yang sempurna. Melalui alat pendeteksi frekuensi, lampu dan laser tersebut beraksi dari bunyi musik Tesla dan Bruri Effendi (pemain trompet di video musik tersebut). Video musik ini direkam secara live dan spontan, yang membuahkan hasil mengejutkan baik dari visual maupun musik itu sendiri. 

KUNTARI x CONVERT – Electronic Music and Visual Collaboration

Lighting and Visual Concept by Convert
Music by Kuntari
NoiseBox by Tesla Manaf
Trumpet by Brury Effendi
Directed and Mixed by Tesla Manaf

Thanks to IFI Bandung, Ricky Arnold and Mia Sjahir

https://kuntari.bandcamp.com/
www.convert-textured.com

Lighting Installations by @convert.id
Art Director @artaids – Aid
Creative Director @unmade_mad – Ugi
Director of Photography @ahimsafff – Ahimsa
Assistant Director of Photography @infisuel
Chief Lighting Technician @__2.49am – Chen
Lighting Technician @smillingwill – Wildan, @creamafro – Hilmy
Editor @unmade_mad – Ugi, @ahimsafff – Ahimsa, @cheeezych – Cis, @geordypradana – Ge

Penulis
Elma Nabiila
Mahasiswa hukum yang suka musik dan hobi jalan-jalan.

Eksplor konten lain Pophariini

Resensi: Sunwich – Storage

jika anda penyuka katalog gelombang baru band indiepop vokalis perempuan, anda harus memberikan Sunwich kesempatan untuk dipasang kencang-kencang.

Mau Tau Banget?: Mentor Interview – Laleilmanino

Selamat datang di edisi perdana Mentor Interview! Sekilas mengenai Mentor Interview, kami berkeliling menemui nama-nama yang sudah tidak asing lagi di industri musik Indonesia saat ini. Nama-nama yang kami temui, mempunyai keahliannya masing-masing di …