Kunto Aji Bantu Atasi Masalah Overthinker

752
Kunto Aji / dok. kuntoajiw (instagram).

Penyanyi dan penulis lagu Kunto Aji merilis album keduanya. Dari tajuknya saja, Mantra Mantra, album ini punya makna yang sangat mendalam dari album sebelumnya. Lewat album ini, Kunto Aji mencoba mengangkat cerita dari perspektif isu kesehatan mental.

“Isu yang saya angkat di album ini berkisah tentang mental health, tapi saya buat menjadi lebih spesifik ke salah satu poin dari mental health, yaitu tentang overthinker, alias terlalu banyak mikirin ini itu. Hal ini kebetulan terjadi juga ke saya, makanya album ini rampungnya lama,” kata Kunto dalam keterangan tertulisnya yang diterima PHI, Kamis (13/9) kemarin.

Menjadi seseorang yang overthinker ini meskipun ada buruknya, namun ternyata ada positifnya juga. Di album ini, Kunto Aji tidak ada melibatkan satu atau dua produser, ia bahkan menggaet empat produser sekaligus, yaitu Ankadiov Subran, Petra Sihombing, Anugrah Swastadi, dan Bam Mastro.

Keputusan ‘keroyokan’ enam produser ini bukan tanpa pertimbangan atau karena BM (Baca: Banyak Mau), namun karena memang ia ingin membawa perbedaan karakter dan suara di setiap lagu dengan tetap punya satu benang merah terhadap isi keseluruhan album.

Album yang jadi obat

Kunto Aji / dok. kuntoajiw (instagram).

Ada 9 lagu yang ada di album Mantra Mantra dari Kunto Aji ini, masing-masing adalah “Sulung”, “Rancang Rencana”, “Pilu Membiru”, “Topik Semalam”, “Rehat”, “Jakarta Jakarta”, “Konon Katanya”, “Saudade” dan “Bungsu”.

Ada hal menarik tentang alasan dibalik dirilisnya album Mantra Mantra ini. Selain memenuhi tanggung jawab sebagai musisi, melalui album ini Kunto Aji ternyata juga ingin berbagi obat dari masalah overthinker yang dideritanya. Salah satunya yaitu melalui medium frekuensi suara yang unik.

Di salah satu lagu, Kunto Aji memasukkan frekuensi suara yang menurut penelitian dapat membuat pendengarnya merasa lebih baik. Pada bagian lagu yang mana, baiknya kalian dengarkan sendiri.

“Saya mencoba memasukkan frekuensi 396 Hz yang menurut penelitian bisa mengeluarkan racun atau pikiran negatif. Sehingga membuat pendengar frekuensi tersebut merasa lebih baik, lebih semangat, lebih optimis,” pungkasnya.

Baca juga:  Mixed Feelings. Persembahan Unik Pee Wee Gaskins

Album Mantra Mantra dari Kunto Aji telah tersedia baik CD dan versi digitalnya di layanan streaming. Silakan didengarkan dan disimak baik-baik lagu dan liriknya. Siapa tahu kalian yang punya masalah overthinker bisa terbantu.