Laleilmanino Berdendang Bareng Reza dan Rendha

May 28, 2020

Trio produser Laleilmanino seperti tak pernah kehabisan ide dalam menghasilkan karya musik. Setelah bekerja sama dengan banyak penyanyi, kali ini mereka menciptakan dan memproduseri dua sosok beda profesi untuk nyanyi bersama. 

Dua sosok tersebut adalah Reza Chandika yang dikenal sebagai broadcaster/MC dan Rendha Rais sebagai fotografer profesional. Bersama Laleilmanino Reza Chandika dan  Rendha Rais akhirnya resmi merilis single berjudul “Sampai Kapan” pada 27 Mei 2020.

Proses pembuatan lagu tak mengalami kesulitan apapun. Lagu dibuat saat Reza datang ke studio Laleilmanino. “Jadi emang langsung bikin di situ. Semua liriknya juga di situ. Ceritanya begitu, dan proses lagunya sampai jadi itu paling hitungan jam karena sangat flowing prosesnya,” kata Ilman dalam press conference melalui aplikasi komunikasi Zoom (24/5).

Reza dan Rendha saat konfrensi pers via Zoom

Lagu diciptakan Laleilmanino untuk Reza dan Rendha tanpa rencana melainkan takdir atau waktu yang sudah mempertemukan. Nino mengatakan, “Namanya juga pergi ke tempat di mana lagu suka dibuat (Organic Records) yah. Akhirnya yang ada kita ngobrol-ngobrol. Trus abis itu, gue nanya sama si Reza. Kalau misalnya loe kisah hidupnya mau dijadiin lagu, kira-kira kisah hidup tentang apa sih? Dia nulis beberapa kalimat. Nah, dari kalimat itu dikembangkan. Akhirnya jadi lagu ‘Sampai Kapan’ ini.”

Jika orang mendengar Reza cuap-cuap via podcast belakangan ini atau biasanya melihat Rendha sibuk mengabadikan momen di sebuah acara. Kebolehan mereka bernyanyi tentu memiliki kesan tersendiri bagi Lale.

Foto: dok. Lale Ilman Nino

“Yang pasti nggak nyangka banget pada saat proses rekamannya. Ternyata Reza suaranya OK juga nih. Nge-direct Reza sama Rendha untuk ngisi bagian-bagian vokal tuh maksudnya ngalir. Mereka nangkap. Abis itu bisa langsung mereka keluarin dan sesuai gitu,” ungkap Lale.

Reza mendapatkan ide pembuatan lirik dari pengalaman pribadi. Ia pengin mengangkat tema seputar pertemanan untuk orang gendut. “Eh, ternyata ada orang gendut yang bisa dikasih wadah ngomongin seputar pertemanan. Wow sangat momentum. Pas lagi buat liriknya. Gue sebenarnya dibilang bisa buat lirik untuk pertama kali. Cuma kalau membuat sesuatu yang berima Alhamdulillah gue emang dari zaman jadi produser,” ungkap Reza yang dulunya pernah les nyanyi biar tau nada.

“Seinget gue, gue buat lirik satu, lirik dua. Nino reff- nya. Jadi emang jadi lagu ini tuh hasil dari kita berdua juga. Ih ini cheesy nggak, trus di- guide sama Nino,” kata Reza.

Soal aransemen Reza langsung menyetujui tanpa berambisi. “Gue yakin sama Laleilmanino udah yang terbaik versi mereka untuk kita berdua. Beneran nggak ada BM apapun. Ya udah yuk.”

Reza dan Rendha tak berangan-angan terlalu jauh namun mereka tetap mempersiapkan diri jika suatu hari mendapatkan tawaran manggung. Mengingat lagu “Sampai Kapan” berkonsep duet. Begitu ditanya soal kostum panggung, Rendha mengatakan ingin menjalani yang sekarang dulu.

“So far sampai sekarang sih gue masih berpikiran apa jadinya nanti aja. Kalau ditanya kostum apa. Itu kita bingung juga. Secara mau bikin kostum harus custom kan. Kita udah hire stylist paling bagus,” canda Rendha.

“Bukan berarti kita let it flow. Trus ketika ada. Ya udah tapi adanya ini. Gue dan Rendha di sini sangat berterima kasih sama Laleilmanino yang memberikan kepercayaan itu. Dan kita akan jaga baik kepercayaan itu. Bukan berarti ya entar aja trus karena ya entar aja hasilnya jadi biasa. Karena menurut gue, kalau gue sendiri di sini ketika kita dikasih kepercayaan sama orang sebisa mungkin kita bisa memberikan feedback yang sesuai yang mereka mau,” tambah Reza.

“Yang pasti kalau emang gue nyanyi, nyanyinya harus sama Rendha,” kata Reza. 

“Mereka berkumpul di sini nyanyi berkolaborasi tapi sebagai entitas sendiri-sendiri juga. Kalau misalnya nanti di tengah jalan mereka kepikiran, yang satu pengin nyanyi, yang satu nggak mau nyanyi lagi tetap bisa menjalankan karena nggak terikat satu sama lain dalam sebuah grup. Tapi, kalau misalnya selama mereka masih pengin nyanyi berdua, mereka pengin bikin single lagi nggak ada masalah juga sih,” tutup Nino.

Pembuatan artwork “Sampai Kapan” dilakukan Ykha Amelz. Lagu sudah bisa didengarkan melalui Spotify.

 

____

Penulis
Pohan
Suka kamu, ngopi, motret, ngetik, dan hari semakin tua bagi jiwa yang sepi.

Eksplor konten lain Pophariini

16 Pertanyaan: Mezzaluna

Mezzaluna tak main-main berkarier di musik. Bukan sekadar untuk menjadi terkenal. Kami mencoba untuk mengenal Mezzaluna lewat rubrik 16 Pertanyaan.

V/A – Eiger Music For Adventure

Eiger, produsen produk rekreasi outdoor merilis box set eksklusif Music For Adventure terdiri dari CD, DVD, kaus, masker, peralatan makan sampai bibit tanaman.