20

Makrab ‘Jalan Pulang’ Pusakata

Gaya santai, Is (Pusakata) di Coffeewar / foto: Pohan

Pusakata atau Mohammad Istiqamah Djamad menggelar acara Meniti Jalan Pulang ‘Menjamu Lagu Baru’ pada hari Jumat, 12 April 2019 di Coffeewar, Jakarta Selatan. Tempat yang sejak dulu cukup akrab bagi kalangan musisi.

Hajatan perilisan single ini dimeriahkan Riuh Sunyi, dan Swamistry yang merupakan proyek bermusik Adhitya Pratama (basssit The Panganans, band yang kerap mengiringi Pusakata manggung) bareng istrinya, Prisi.

Riuh Sunyi / foto: Pohan

Tampak penonton yang tidak kebagian meja, asyik duduk lesehan. Hal ini menambah keintiman. Pusakata tampil solo untuk sesi pertama membawakan “Kujadi Kamu”, lagu yang sudah lama tidak ia nyanyikan.

Duet suami istri, Swamistry / foto: Pohan

Di sela pertunjukan, Pusakata membuka sesi tanya jawab. Salah satu penonton menanyakan tentang pembuatan lagu “Muram”. Ia mengatakan lagu tersebut merupakan pesan terselubung.

Baca juga:  Dari Jakarta sampai ke London, Simak Jurnal Pemenang Go Ahead Challenge 2018

Lagu perpisahan pertama secara karier ke teman-temannya di Payung Teduh. “Kalau loe suka berarti loe sebenarnya loe lelah sama sesuatu tapi loe nggak mau ngomong,” jawab Is kemudian.

Kolaborasi membawakan kokoronotomo / foto: Pohan

Momen ini semakin lengkap dengan kehadiran salah satu pemeran video musik “Akad” yang juga mengisi salah satu lagu di album Ruang Tunggu. Adalah Rizka Amalia yang malam itu menemani Pusakata membawakan nomor “Mari Bercerita”.

Duet dengan Rizka Amalia, pemeran video Akad / foto: pohan

Sesi tanya jawab kembali dibuka, penonton bertanya doa apa yang ingin sekali dikabulkan. Is mengatakan, “Saya bilang saya tidak akan ada di sini kalau saya tidak ingat cara bersyukur. Saya yakin akan hal itu. Saya ingin bermanfaat. Sejauh ini cara bermusik seperti sekarang sangat saya sukai.”

Baca juga:  Gelombang Cinta Tour Vol.2 Sambangi Jawa Tengah

Di acara yang dikemas seperti makrab (malam keakraban) tersebut, Pusakata membocorkan album barunya berjudul Dua Buku. Semula dijadwalkan beredar Mei namun terpaksa harus mundur. Nantinya abum diedarkan dalam bentuk boxset. Seperti apakah? Tunggu aja tanggal mainnya.